Cara Mengetahui Seri dan Spesifikasi Macbook dengan Mudah

Kompas.com - 03/07/2022, 14:03 WIB

KOMPAS.com - Tiap laptop biasanya dibekali sistem operasi dengan fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat deskripsi mengenai seri dan spesifikasi perangkat. Fitur semacam ini juga dapat dijumpai dengan mudah pada Macbook, laptop buatan Apple.

Fitur deskripsi seri dan spesifikasi Macbook umumnya memuat informasi mengenai model perangkat, versi sistem operasi yang sedang digunakan, kapasitas RAM, jenis CPU serta GPU yang dipakai, kapasitas baterai, dan lainnya.

Baca juga: Apple Umumkan Kembalinya Magsafe di MacBook Air M2

Informasi tersebut kadang kala dibutuhkan pengguna saat ingin membeli Macbook. Dengan membaca deskripsi seri dan spesifikasi perangkat, pengguna bisa dengan cepat mengetahui kondisi Macbook secara umum sebelum membelinya.

Lantas, bagaimana cara cek spesifikasi Macbook? Untuk melihat spesifikasi Macbook serta serinya, pengguna bisa mengakses menu “About This Mac” yang tertera di ikon Apple pada layar “home”.

Di menu tersebut, pengguna bisa cek seri Macbook, seperti keterangan model, tahun rilis model, hingga sistem operasi yang sedang dijalankan. Selain itu, pengguna juga dapat melihat spesifikasi Macbook, mulai dari kapasitas RAM hingga jenis CPU yang digunakan.

Bila Anda ingin melihat deskripsi dari seri dan spesifikasi Macbook, caranya cukup mudah. Untuk lebih lengkapnya, berikut KompasTekno rangkumkan cara mengetahui seri dan spesifikasi Macbook.

Cara cek seri Macbook

  • Klik ikon Apple yang tertera di pojok kiri atas layar “home” Macbook, lalu pilih menu “About This Mac”.
  • Selanjutnya, bakal langsung muncul jendela baru yang berisi deskripsi dari seri Macbook.
  • Dari jendela itu, Anda bisa melihat informasi seperti model Macbook, tahun rilis model Macbook, versi sistem operasi yang digunakan, kapasitas RAM, nomor seri Macbook, jenis Hard Drive, serta jenis CPU dan GPU.
  • Bila ingin melihat informasi mengenai kapasitas Hard Drive atau penyimpanan internal Macbook, silakan klik opsi “Storage” yang tertera di jendela menu “About This Mac”.

Ilustrasi cara cek seri MacbookKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara cek seri Macbook

Baca juga: 4 Cara Screenshoot di Macbook Tanpa Aplikasi

Lewat jendela menu “About This Mac” itu pula, Anda dapat melihat spesifikasi Macbook secara lebih spesifik yang memuat tentang kondisi dari beberapa komponen hardware. Caranya, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Cara cek spesifikasi Macbook

  • Pada jendela menu “About This Mac”, klik opsi “System Report”.
  • Selanjutnya, bakal muncul lagi jendela baru yang memuat deskripsi spesifikasi Macbook.
  • Dalam jendela baru tersebut, Anda dapat melihat jenis komponen hardware yang dipakai pada Macbook, mulai dari Bluetooth, kamera, audio, RAM, kartu WiFi, baterai, dan sebagainya.
  • Anda juga bisa melihat kondisi fungsionalitas hardware melalui opsi “System Report”, seperti kondisi kesehatan baterai, kemampuan baterai untuk menyimpan daya, dan sebagainya.

Ilustrasi cara cek spesifikasi MacbookKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara cek spesifikasi Macbook

Baca juga: 3 Cara Menghapus Aplikasi di Macbook dengan Mudah

Perlu diketahui, cara di atas dijajal pada Macbook dengan versi sistem operasi MacOS Catalina. Beda versi sistem operasi yang digunakan, mungkin bakal beda pula letak opsi dan tahapannya.

Demikianlah penjelasan seputar cara mengetahui seri dan spesifikasi Macbook dengan mudah, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.