Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Baru Google Meet Bisa Pantau Peserta Meeting yang Datang Terlambat

Kompas.com - 04/07/2022, 07:00 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber TechRadar

KOMPAS.com - Google merilis fitur baru untuk aplikasi video conference Google Meet. Fitur tersebut memungkinkan pengirim undangan rapat untuk melihat siapa saja anggota yang sudah diundang tetapi tidak hadir atau terlambat masuk ruang rapat online.

Fitur ini akan muncul di bawah nama tamu undangan yang belum hadir dengan tulisan “Also Invited”. Artinya, nama partisipan tersebut sudah diundang ke rapat, tetapi belum hadir.

Hal ini tentunya akan mempermudah pengirim undangan untuk mengetahui siapa saja tamu undangan telat ikut rapat online.

Menurut Google, fitur ini akan digelontorkan secara bertahap setidaknya hingga dua minggu ke depan.

Baca juga: Google Meet dan Duo Dilebur, Seperti Apa Jadinya?

Selain itu, Google juga akan menampilkan siapa saja peserta undangan rapat yang sudah memiliki status RSVP. Kehadiran fitur ini mempermudah pengirim undangan untuk mengetahui siapa saja peserta rapat yang kehadirannya dianggap “opsional”.

Peserta rapat yang berstatus RSVP adalah peserta yang diberi undangan melalui Google Calender. Lalu, undangan tersebut akan memberi opsi peserta yang diundang untuk memilih apakah dapat menghadiri pertemuan atau tidak.

Jika dibandingkan dengan sebelumnya, status tamu RSVP hanya dapat diakses melalui Google Calender. Pengirim undangan harus mengecek siapa saja peserta yang dapat/tidak menghadiri acara tersebut.

Selain itu, untuk mempermudah pengecekan kehadiran peserta rapat, Google Meets  juga terintegrasi dengan "Chat". Sehingga, pengundang rapat bisa menghubungi peserta yang diundang apabila mereka belum hadir.

Fitur ini dirilis Google untuk menghemat waktu rapat acara agar semua hal bisa dilakukan dalam satu tab saja. Pengirim undangan tidak perlu repot-repot mencari cara lain untuk mencari kontak tamu undangan dengan membuka tab baru.

Baca juga: Apple dan Google Diminta Hapus TikTok dari Toko Aplikasi

“Kami berharap fitur ini memudahkan Anda untuk memulai rapat secara efisien dengan menentukan dengan cepat siapa yang belum bergabung, serta mengirimkan notifikasi kepada mereka melalui fitur Chat langsung dari Google Meet,” jelas Google, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Tech Radar, Senin (4/7/2022).

Ke depannya, fitur ini akan hadir di Google Workspace sebagai fitur bawaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TechRadar
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com