Steve Jobs Dapat Penghargaan "Medal of Freedom" dari Presiden Biden

Kompas.com - 04/07/2022, 09:05 WIB

KOMPAS.com - Meninggal hampir 12 tahun silam tak membuat nama pendiri Apple, Steve Jobs dilupakan. Sebab, hingga kini, Jobs masih dikenang sebagai sosok penting yang merevolusi industri komputer, musik, dan komunikasi seluler. Tak lain melalui perangkat bikinan Apple seperti Macintosh, iPod, iPhone, dan iPad.

Kini, pendiri perusahaan teknologi paling bernilai di dunia itu pun dianugerahi penghargaan "Presidential Medal of Freedom" (posthumous) oleh Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. Penghargaan ini akan diberikan secara resmi pada 7 Juli 2022.

Presidential Medal of Freedom merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Pemerintah AS kepada warga sipil negaranya. Penghargaan diberikan dengan mempertimbangkan jasa-jasa dan pengabdian yang telah dilakukan.

Embel-embel "posthumous" yang disertakan itu merujuk pada penghargaan Presidential Medal of Freedom yang diberikan kepada seseorang yang telah meninggal dunia, seperti kepada Steve Jobs yang telah meninggal pada 5 Oktober 2011.

Steve Jobs mendapatkan penghargaan tertinggi warga sipil AS itu berkat kontribusinya merevolusi industri komputer, yakni melalui perusahaan Apple yang didirikannya pada 1 April 1976. 

Tak hanya perusahaan teknologi Apple, semasa hidupnya, Steve Jobs juga berkecimpung di industri hiburan dengan menjadi CEO di studio film animasi Pixar dan menjadi anggota dewan direksi Walt Disney. Selama di Pixar dan Walt Disney, Jobs juga disebut ikut andil dalam mengubah industri perfilman.

Baca juga: Mengapa Steve Jobs Menamai Perusahaannya Apple?

"Visi, imajinasi, dan kreativitasnya (Steve Jobs) menghasilkan penemuan yang telah, dan terus berlanjut, mengubah cara dunia berkomunikasi, serta mengubah industri komputer, musik, film, dan nirkabel," tulis White House di situs resminya.

Selain Steve Jobs, penerima Medal of Freedom lain tahun ini antara lain adalah atlet senam Simon Biles, aktor sekaligus sutradar Denzel Washington, dan pesepak bola Megan Rapinoeis, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (4/7/2022).

Pada 2016 silam, pendiri Microsoft Bill Gates juga dianugerahi Presidential Medal of Freedom oleh Presiden AS Barack Obama.

Berbeda dengan Jobs, Gates mendapatkan penghargaan tertinggi untuk warga AS itu bukan karena mendirikan Microsoft, melainkan karena yayasan sosial Gates Foundation.

Melalui yayasan itu, Bill Gates bersama dengan mantan istrinya, Melinda Gates, dinilai turut meningkatkan national interest Amerika Serikat sebagai sebuah negara.

Baca juga: Perselingkuhan di Balik Mundurnya Bill Gates dari Microsoft

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.