5 Fitur "Rahasia" HP Samsung, Ganti Shortcut Locksreen hingga Sembunyikan Aplikasi

Kompas.com - 04/07/2022, 15:00 WIB
Penulis Bill Clinten
|

 

KOMPAS.com - Tampilan antarmuka (UI) atau software suatu ponsel dengan sistem operasi (OS) Android biasanya berbeda tergantung dengan merek atau pembuatnya.

Oppo, misalnya, punya UI dengan nama ColorOS, lalu Samsung dengan OneUI, kemudian Xiaomi dengan MIUI, dan lain sebagainya.

Selain namanya, desain UI dan fitur yang dimiliki software masing-masing vendor smartphone tersebut juga turut bervariasi.

Nah kali ini, KompasTekno akan merangkum lima (5) fitur "rahasia" yang membekali software OneUI di berbagai ponsel Samsung.

Bisa dibilang rahasia karena mungkin ada beberapa pengguna ponsel Samsung yang belum tahu bahwa ada fitur-fitur semacam ini. Lantas, apa saja fitur-fitur tersebut? Yuk, simak daftarnya berikut ini.

Perlu dicatat, ponsel yang kami jajal untuk membuat daftar fitur rahasia OneUI ini adalah Galaxy A53 5G yang sudah menjalankan sistem operasi (OS) Android 12 dan OneUI 4.1.

Baca juga: Cara Cek Baterai Health di HP Samsung

Besar kemungkinan fitur-fitur ini tetap akan Anda temui meski ponsel Samsung Anda memiliki tipe, OS, serta versi OneUI yang berbeda dengan KompasTekno. 

1. Mengubah tampilan panggilan telepon dengan latar belakang gambar

Cara mengubah tampilan panggilan telepon masuk atau keluar di ponsel Samsung dengan OneUI.Kompas.com/Bill Clinten Cara mengubah tampilan panggilan telepon masuk atau keluar di ponsel Samsung dengan OneUI.

OneUI dibekali dengan fitur yang memungkinkan pengguna mengubah tampilan panggilan telepon dengan latar belakang gambar yang mereka suka.

Dengan begitu, tampilan layar ponsel ketika melakukan panggilan atau menerima panggilan tidak monoton.

Cara untuk mengganti latar belakang di tampilan telepon cukup mudah. Pertama-tama, buka aplikasi telepon (Phone). Lalu, klik ikon "tiga titik" yang terletak di pojok kanan atas aplikasi dan pilih menu "Settings".

Selanjutnya, pilih menu "Call background" dan pilih panggilan telepon dari kartu SIM mana yang ingin diganti gambar latar belakangnya.

Pada tampilan berikutnya, klik ikon "Background" dan pilih tampilan yang sudah disediakan Samsung.

Anda juga bisa menambahkan gambar mereka sendiri, baik itu melalui galeri atau avatar 3D lewat fitur AR Emoji, sebagai bahan latar belakang gambar dengan mengeklik ikon "+" pada laman pemilihan gambar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.