Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fitur "Rahasia" HP Samsung, Ganti Shortcut Locksreen hingga Sembunyikan Aplikasi

Kompas.com - 04/07/2022, 15:00 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Tampilan antarmuka (UI) atau software suatu ponsel dengan sistem operasi (OS) Android biasanya berbeda tergantung dengan merek atau pembuatnya.

Oppo, misalnya, punya UI dengan nama ColorOS, lalu Samsung dengan OneUI, kemudian Xiaomi dengan MIUI, dan lain sebagainya.

Selain namanya, desain UI dan fitur yang dimiliki software masing-masing vendor smartphone tersebut juga turut bervariasi.

Nah kali ini, KompasTekno akan merangkum lima (5) fitur "rahasia" yang membekali software OneUI di berbagai ponsel Samsung.

Bisa dibilang rahasia karena mungkin ada beberapa pengguna ponsel Samsung yang belum tahu bahwa ada fitur-fitur semacam ini. Lantas, apa saja fitur-fitur tersebut? Yuk, simak daftarnya berikut ini.

Perlu dicatat, ponsel yang kami jajal untuk membuat daftar fitur rahasia OneUI ini adalah Galaxy A53 5G yang sudah menjalankan sistem operasi (OS) Android 12 dan OneUI 4.1.

Baca juga: Cara Cek Baterai Health di HP Samsung

Besar kemungkinan fitur-fitur ini tetap akan Anda temui meski ponsel Samsung Anda memiliki tipe, OS, serta versi OneUI yang berbeda dengan KompasTekno. 

1. Mengubah tampilan panggilan telepon dengan latar belakang gambar

Cara mengubah tampilan panggilan telepon masuk atau keluar di ponsel Samsung dengan OneUI.Kompas.com/Bill Clinten Cara mengubah tampilan panggilan telepon masuk atau keluar di ponsel Samsung dengan OneUI.

OneUI dibekali dengan fitur yang memungkinkan pengguna mengubah tampilan panggilan telepon dengan latar belakang gambar yang mereka suka.

Dengan begitu, tampilan layar ponsel ketika melakukan panggilan atau menerima panggilan tidak monoton.

Cara untuk mengganti latar belakang di tampilan telepon cukup mudah. Pertama-tama, buka aplikasi telepon (Phone). Lalu, klik ikon "tiga titik" yang terletak di pojok kanan atas aplikasi dan pilih menu "Settings".

Selanjutnya, pilih menu "Call background" dan pilih panggilan telepon dari kartu SIM mana yang ingin diganti gambar latar belakangnya.

Pada tampilan berikutnya, klik ikon "Background" dan pilih tampilan yang sudah disediakan Samsung.

Anda juga bisa menambahkan gambar mereka sendiri, baik itu melalui galeri atau avatar 3D lewat fitur AR Emoji, sebagai bahan latar belakang gambar dengan mengeklik ikon "+" pada laman pemilihan gambar.

Apabila sudah dipilih, klik tombol "Set as call background".

Baca juga: Trik Streaming Musik Sambil Main TikTok di HP Samsung Agar Suara Tak Bertabrakan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com