Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Butuh 7 Tahun untuk Bikin Ponsel Layar Lipat

Kompas.com - 05/07/2022, 07:01 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ponsel layar lipat besutan Samsung yang meluncur pertama kali pada 2019 lalu, ternyata dilahirkan melalui perjalanan panjang. Butuh waktu 7 tahun bagi Samsung untuk merilis ponsel layar lipat pertama buatannya.

Fakta tersebut diungkapkan President and Head of MX Business Samsung Electronics, TM Roh, dalam sebuah wawancara tatap muka di Jakarta dengan jurnalis Kompas.com, Yudha Pratomo, Senin (4/7/2022).

Menurut TM Roh, Samsung sudah memulai konsep ponsel layar lipat sejak 2012. Sejak saat itu Samsung fokus menggarap ponsel layar lipat hingga dirilis untuk pertama kalinya kepada publik pada Februari 2019.

"Jadi sejak 2012 sampai 2019, kami fokus untuk (membuat) ponsel layar lipat, supaya bisa memberi pengalaman baru dan inovatif kepada konsumen," kata TM Roh.

President and Head of MX Business Samsung Electronics, TM Roh. Samsung President and Head of MX Business Samsung Electronics, TM Roh.
Samsung memang sempat memamerkan konsep ponsel layar lipat ini dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2013. Namun, pada saat itu ponsel tersebut baru sebatas rancangan.

Galaxy Fold adalah ponsel layar lipat pertama milik Samsung yang diperkenalkan di atas panggung Unpacked 2019. Galaxy Fold yang memiliki mekanisme lipatan seperti sebuah buku, digadang sebagai perangkat mewah dengan banderol sekitar Rp 27 jutaan.

Baca juga: Galaxy Fold Resmi Meluncur, Ponsel Layar Lipat Pertama Samsung

Kemudian pada awal 2020, Samsung meluncurkan smartphone layar lipat Galaxy Z Flip. Setelah itu pada pertengahan 2020, Samsung merilis Galaxy Z Fold 2.

Pada Agustus 2021, Samsung merilis dua ponsel layar lipat secara bersamaan, yaitu Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3.

Baca juga: Fitur Mewah tapi Dijual Lebih Murah, Apa Rencana Samsung untuk Galaxy Z Fold 3?

TM Roh meyakini bahwa ponsel layar lipat adalah masa depan, dan Samsung harus mewujudkannya.

Ia juga menegaskan bahwa Samsung memiliki tujuan membuat inovasi teknologi dan memberi pengalaman baru kepada konsumen.

"Perangkat layar lipat pertama (meluncur) pada 2019. Kedua, kami luncurkan pada 2021. Tahun ini akan ada foldable keempat. Jadi setiap tahun kami mengalami dua sampai tiga kali lipat pengembangan. Ini akan menjadi masa depan," pungkas TM Roh.

Baca juga: TM Roh: Fitur Flagship di Galaxy A, Strategi Samsung Hadapi Ponsel China

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com