Cara Menghindari Aplikasi MyPertamina Palsu yang Berpotensi Curi Data Pengguna

Kompas.com - 05/07/2022, 13:20 WIB

KOMPAS.com - Belakangan, aplikasi MyPertamina semakin populer karena diwacanakan akan menjadi aplikasi wajib ketika membeli Pertalite dan Solar bersubsidi.

Per 1 Juli, Pertamina resmi melakukan uji coba pembelian Pertalite dan Solar menggunakan aplikasi MyPertamina. Hal ini membuat banyak masyarakat berbondong-bondong mulai menginstal aplikasi MyPertamina ke smartphone mereka.

Situasi ini tampaknya dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan membuat aplikasi MyPertamina palsu.

Link aplikasi MyPertamina abal-abal itu beredar di masyarakat dan disebut berpotensi mencuri data pribadi pengguna.

Dalam salah satu unggahan akun resmi @mypertamina, salah satu link yang memuat aplikasi palsu MyPertamina beralamat di "apkboat.com/en/my-pertamina-app". Tautan tersebut bukanlah link resmi, melainkan "jebakan" berisi aplikasi MyPertamina palsu yang berpotensi membahayakan data pengguna.

Baca juga: Hati-hati Jangan Tertipu Aplikasi MyPertamina Palsu, Ini Link Resminya di Play Store dan App Store

Agar tidak tertipu, ada cara menghindari aplikasi MyPertamina palsu, yakni dengan mengunduh aplikasi MyPertamina langsung dari toko aplikasi masing-masing platform.

Bagi pengguna Android, bisa mengunjungi Google Play Store untuk mengunduh dan menginstal aplikasi MyPertamina. Sementara pengguna iOS, bisa mengunjungi toko aplikasi App Store untuk tujuan yang sama.

"Selain dari Play Store dan App Store, dapat dipastikan kalau itu aplikasi tidak resmi ya," tulis Pertamina melalui akun Instagram resmi @mypertamina, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (5/7/2022).

Untuk selengkapnya, berikut cara menghindari aplikasi MyPertamina palsu dengan mengunduh aplikasi MyPertamina asli, yang bisa dilakukan lewat beberapa langkah berikut:

1. Lewat Play Store dan App Store

Cara mengunduh aplikasi MyPertamina asli di ponsel cukup mudah. Pengguna tinggal membuka aplikasi Play Store/ App Store di ponsel.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.