Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghindari Aplikasi MyPertamina Palsu yang Berpotensi Curi Data Pengguna

Kompas.com - 05/07/2022, 13:20 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belakangan, aplikasi MyPertamina semakin populer karena diwacanakan akan menjadi aplikasi wajib ketika membeli Pertalite dan Solar bersubsidi.

Per 1 Juli, Pertamina resmi melakukan uji coba pembelian Pertalite dan Solar menggunakan aplikasi MyPertamina. Hal ini membuat banyak masyarakat berbondong-bondong mulai menginstal aplikasi MyPertamina ke smartphone mereka.

Situasi ini tampaknya dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan membuat aplikasi MyPertamina palsu.

Link aplikasi MyPertamina abal-abal itu beredar di masyarakat dan disebut berpotensi mencuri data pribadi pengguna.

Dalam salah satu unggahan akun resmi @mypertamina, salah satu link yang memuat aplikasi palsu MyPertamina beralamat di "apkboat.com/en/my-pertamina-app". Tautan tersebut bukanlah link resmi, melainkan "jebakan" berisi aplikasi MyPertamina palsu yang berpotensi membahayakan data pengguna.

Baca juga: Hati-hati Jangan Tertipu Aplikasi MyPertamina Palsu, Ini Link Resminya di Play Store dan App Store

Agar tidak tertipu, ada cara menghindari aplikasi MyPertamina palsu, yakni dengan mengunduh aplikasi MyPertamina langsung dari toko aplikasi masing-masing platform.

Bagi pengguna Android, bisa mengunjungi Google Play Store untuk mengunduh dan menginstal aplikasi MyPertamina. Sementara pengguna iOS, bisa mengunjungi toko aplikasi App Store untuk tujuan yang sama.

"Selain dari Play Store dan App Store, dapat dipastikan kalau itu aplikasi tidak resmi ya," tulis Pertamina melalui akun Instagram resmi @mypertamina, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (5/7/2022).

Untuk selengkapnya, berikut cara menghindari aplikasi MyPertamina palsu dengan mengunduh aplikasi MyPertamina asli, yang bisa dilakukan lewat beberapa langkah berikut:

1. Lewat Play Store dan App Store

Cara mengunduh aplikasi MyPertamina asli di ponsel cukup mudah. Pengguna tinggal membuka aplikasi Play Store/ App Store di ponsel.

Lalu, masukkan kata kunci "MyPertamina" di kolom pencarian. Selanjutnya, klik instal/get pada aplikasi MyPertamina bikinan PT Pertamina (Persero).

Bila tak mau ribet, pengguna juga bisa menginstal aplikasi MyPertamina melalui tautan berikut ini:

Baca juga: Buka HP untuk Akses MyPertamina saat di SPBU Diklaim Aman, Angkat Telepon yang Berbahaya

2. Lewat linktree di Instgaram @mypertamina

Untuk memudahkan masyarakat, Pertamina juga mencantumkan link download resmi untuk mengunduh aplikasi MyPertamina. Link tersebut tersemat di akun Instagram dengan handle @mypertamina.

Di akun Instagram bercentang biru itu, Pertamina menyertakan Linktree beralamat linkr.ee/mypertamina di kolom bio-nya. Linktree merupakan layanan landing page yang biasa digunakan untuk memberikan beberapa tautan ke website, blog pengguna, atau apa pun link URL.

Ketika diklik, linkr.ee/mypertamina itu akan memunculkan beragam opsi tautan, termasuk "Download MyPertamina" yang bisa digunakan masyarakat untuk mengunduh aplikasi secara resmi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com