HTC Luncurkan Tablet Android A101, Layar 10 Inci dengan Baterai 7.000 mAh

Kompas.com - 05/07/2022, 13:44 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Nama HTC di pasar komputer tablet bisa dibilang jarang terdengar. Perangkat tablet terakhir mereka yang cukup terkenal di pasar global adalah HTC Google Nexus 9 LTE yang dirilis pada Oktober 2014 lalu.

Setelah kurang lebih tujuh tahun tablet tersebut beredar di pasaran, HTC kembali ke pasar tablet dengan HTC A100 yang dirilis pada September 2021 lalu untuk pasar Rusia. Nah pada Juli 2022 ini, perusahan asal Taiwan tersebut kembali meluncurkan tablet Android baru dengan nama HTC A101

Apabila dilihat dari namanya, tablet ini merupakan penerus dari HTC A100. Namun jika melihat desain dan spesifikasinya, tablet ini sangat identik, bahkan bisa dibilang "kembaran" dari tablet yang dirilis HTC pada September 2021 lalu.

Secara desain, kedua tablet tersebut mengusung layar IPS LCD 10,1 inci dengan resolusi 1.920 x 1.200 piksel. Pada bagian atas layar tersebut, terdapat kamera selfie yang memiliki resolusi 5 MP.

Baca juga: HTC Kembali Rilis Ponsel Android, Desire 22 Pro untuk Metaverse

Beralih ke bagian belakang, kedua tablet ini dibekali dengan dua kamera yang dimuat dalam sebuah modul persegi panjang. Kedua kamera tersebut terdiri dari kamera utama 13 MP dan kamera sekunder 2 MP.

HTC A101.HTC HTC A101.

Pada aspek performa, HTC A100 dan A101 sama-sama ditenagai dengan chipset Unisoc Tiger T618 yang memiliki prosesor (CPU) delapan inti (octa core) berkecepatan 2,0 GHz.

Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 8 GB dan media penyimpanan (storage) 128 GB, yang bisa diperluas dengan kartu microSD hingga 256 GB.

Baca juga: Alasan Kenapa Banyak Vendor Smartphone Bikin Tablet Android

Baik HTC A100 dan A101 kompak memiliki baterai jumbo berkapasitas 7.000 mAh yang mendukung pengisian baterai berdaya 10 watt. Kedua tablet ini juga menjalankan sistem operasi (OS) Android 11.

Fitur pendukung lainnya mencakup Wi-Fi 802.11ac, Bluetooth 5.0, LTE, GPS, 3,5 mm audio jack, dan konektor USB tipe-C, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Selasa (5/7/2022).

Sama seperti HTC A100, HTC A101 baru tersedia di pasar Rusia dengan harga 19.900 rubel Rusia atau sekitar Rp 5,2 juta.

Selain di Rusia, tablet yang hadir dalam dua varian warna Gray dan Silver tersebut juga konon bakal tersedia di pasar Afrika Selatan. Belum diketahui apakah tablet ini bakal diluncurkan di pasar selain kedua negara tersebut atau tidak.

Baca juga: Tablet Android Nokia T20 Resmi Masuk Indonesia, Ini Harganya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Gizmochina
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.