Google Mulai Gelontorkan Tampilan “Material You” untuk Gmail Versi Web

Kompas.com - 06/07/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Google mulai menggelontorkan bahasa desain "Material You" untuk pengguna Gmail berbasis web. Dalam sebuah tangkapan layar, Google terlihat mengajak pengguna Gmail web beralih ke tampilan Material You melalui sebuah pop-up.

Pop-up tersebut muncul di bagian kanan bawah, saat pengguna membuka halaman Gmail. Secara garis besar, dengan Material You, tampilan antarmuka Gmail tampak lebih segar, modern, namun tetap sederhana.

"Coba tampilan baru Gmail," demikian isi pesan pop-up tersebut. Jika pengguna mengekliknya, maka tampilan akan berubah menjadi Material You.

Material You sendiri merupakan bahasa desain baru dari Google yang diperkenalkan bersamaan dengan Android 12 pada 2021 lalu.

Baca juga: Mengapa E-mail Bisa Masuk ke Spam di Gmail? Ini 5 Penyebabnya

Salah satu yang paling mencolok dari Material You adalah palet warnanya. Material You mengombinasikan elemen antarmuka baru dari standar Material Design Google saat ini, namun dengan memunculkan lagi warna lawas yang telah lama hilang di aplikasi Android dalam beberapa tahun terakhir.

Dengan Material You, sistem secara otomatis akan mengubah warna panel-panel menu sesuai dengan warna dominan dari wallpaper atau tema yang digunakan. Seperti bisa dilihat di gambar berikut ini:

Tampilan Gmail versi lama (Sumber: Google)Google Tampilan Gmail versi lama (Sumber: Google)

Tampilan Gmail baru menggunakan Material You (Sumber: Google)Google Tampilan Gmail baru menggunakan Material You (Sumber: Google)

Selain warna, posisi navigasi untuk e-mail, Chat, Spaces, dan Meet juga akan sedikit berubah.

Menu e-mail, Chat, Spaces, dan Meet akan menjadi terpisah di dalam satu panel di sebelah kiri. Sebelumnya, menu tersebut tergabung di dalam satu panel dengan e-mail.

Jadi, saat pengguna mengeklik “Mail”, menu utama dan tampilan yang ditunjukkan hanya berisikan pesan masuk saja. Lalu, bila pengguna mengeklik “Meet” yang muncul adalah jadwal dari pertemuaan online yang akan dilaksanakan.

Begitu jika pengguna mengeklik ikon "Chat" ataupun "Spaces" untuk mengerjakan suatu projek bersama tim. Artinya, penambahan bilah navigasi ini ditujukan agar pengguna bisa lebih fokus dan terarah menggunakan fitur-fitur yang tersedia di dalam Gmail.

Baca juga: 3 Cara Membuat Akun E-mail di Gmail Tanpa Nomor HP

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.