Ketika iPhone di Jepang Tak Lagi Termurah Sedunia...

Kompas.com - Diperbarui 07/07/2022, 10:52 WIB

KOMPAS.com - Pada Juni lalu, lembaga penelitian Moving Mobile and Mobility Forward menobatkan Jepang sebagai negara penjual iPhone termurah sedunia. Sebab, harga iPhone di Negeri Sakura itu dilaporkan 20 persen lebih murah dibandingkan rata-rata harga iPhone di pasar global.

Harga iPhone murah di Jepang itu tampaknya dipengaruhi oleh penurunan atau depresiasi nilai tukar yen terhadap mata uang asing, utamanya dollar AS.

Di tengah depresiasi yen ini, harga iPhone di Jepang tidak berubah ketika survei Moving Mobile and Mobility Forward dipublikasi pada 14 Juni 2022. Ini membuat harga iPhone di Negeri Matahari Terbit itu menjadi relatif lebih murah dibandingkan negara lainnya.

Baca juga: Harga iPhone di Jepang Saat Ini Termurah Sedunia

Namun, semua itu tampaknya berubah mulai Juli 2022 ini. Harga iPhone di Jepang kemungkinan besar tak lagi termurah di dunia.

Musababnya, di tengah depresiasi yen yang terus berlanjut, Apple akhirnya menyerah dan memilih untuk merevisi harga iPhone di Jepang.

Harga iPhone di Jepang naik 20 persen

Menurut laporan outlet media GizmoChina, Rabu (6/7/2022), Apple akhirnya menaikkan harga seluruh model iPhone yang dijual di Jepang menjadi 20 persen lebih mahal dari harga sebelumnya.

Misalnya, harga iPhone 13 Pro (128 GB) naik dari sebelumnya 122.800 yen (sekitar Rp 13,6 juta) menjadi 144.800 yen (sekitar Rp 16 juta).

Harga iPhone SE Gen 3 juga menjadi lebih mahal, dari semula 57.800 yen (sekitar Rp 6,4 juta) menjadi 62.800 yen (sekitar 6,9 juta).

Baca juga: Daftar Harga iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max Terbaru Juli 2022

Sejauh ini, Apple hanya menaikkan harga iPhone di Jepang. Produk lain bikinan Apple seperti iPad dan Mac, dilaporkan belum terdampak oleh revisi harga.

Bagi perusahaan multinasional seperti Apple, mengoreksi harga produk di suatu wilayah pasar agar sesuai kekuatan mata uang negara tempat menjual produknya termasuk wajar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.