Kenapa Tulisan “Mengikuti” di Instagram Bisa Berwarna Hijau?

Kompas.com - 06/07/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Sebagian dari Anda yang aktif bermain Instagram mungkin pernah menjumpai tulisan “Mengikuti” berwarna hijau pada halaman profil akun pengguna lain.

Sebagaimana umum diketahui, tulisan Mengikuti di Instagram tersebut mewakilkan fitur Following, yang memungkinkan Anda untuk tergabung dalam jaringan pertemanan dari sebuah akun pengguna.

Baca juga: Cara Menambah dan Menghapus Teman dari Daftar Close Friend di Instagram

Tulisan Mengikuti itu terletak di halaman profil akun pengguna Instagram, di sebelah kiri menu “Pesan”. Saat Anda memutuskan untuk mengikuti (following) akun tertentu, tulisan “Ikuti” bakal berubah menjadi “Mengikuti”.

Biasanya, tulisan Mengikuti tersebut tertera dengan komposisi huruf berwarna hitam. Namun, dalam kondisi tertentu, komposisi huruf pada tulisan tersebut bisa berubah warna jadi hijau. Lantas, kenapa tulisan Mengikuti di Instagram berwarna hijau?

Tulisan Mengikuti warna hijau di Instagram tidaklah muncul secara otomatis. Perubahan warna tulisan Mengikuti dari hitam ke hijau itu terjadi lantaran Anda telah mengaktifkan fitur Close Friend di Instagram.

Close Friend Instagram sendiri merupakan fitur yang memungkinkan Anda mengelompokkan beberapa akun pengguna dalam daftar kategori teman dekat (close friend).

Dengan mengaktifkan Close Friend Instagram, Anda bisa mengatur visibilitas tayangan Story supaya hanya dapat dilihat oleh beberapa akun pengguna yang dikelompokkan dalam daftar kategori teman dekat.

Untuk mengelompokkan beberapa akun pengguna dalam daftar kategori teman dekat, langkahnya adalah dengan mengakses menu “Close Friend”. Menu tersebut dapat dijumpai pada pengaturan profil Instagram Anda.

Setelah menu “Close Friend” terbuka, Anda diminta untuk memilih beberapa akun pengguna yang dirasa dapat dimasukkan dalam daftar kategori teman dekat.

Adapun penanda bahwa fitur Close Friend telah aktif adalah munculnya pilihan untuk membagikan tayangan ke teman dekat saja, ketika membuat Story.

Selain itu, fitur Close Friend aktif ditandai juga dengan munculnya tulisan Mengikuti warna hijau pada halaman profil akun pengguna, yang sebelumnya telah dimasukkan dalam daftar kategori teman dekat.

Dengan demikian, arti tulisan Mengikuti warna hijau di Instagram adalah penanda bahwa akun pengguna termasuk dalam daftar kategori teman dekat.

Baca juga: Cara Mengganti Sampul pada Video Instagram dengan Mudah

Bila akun pengguna tersebut dihapus dari daftar kategori teman dekat maka tulisan Mengikuti bakal berubah kembali menjadi warna hitam. Itulah penjelasan seputar tulisan Mengikuti warna hijau di Instagram, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.