Cara Mengatasi Alamat KTP Tidak Sesuai Dukcapil saat Daftar Prakerja secara Online

Kompas.com - 06/07/2022, 16:15 WIB

KOMPAS.com - Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang diselenggarakan pemerintah secara terbuka bagi para pencari kerja. Dalam pengembangan kompetensi kerja di kartu Prakerja, terbagi menjadi beberapa gelombang.

Untuk periode 2022, setidaknya sudah dibuka sebanyak 35 gelombang pengembangan kompetensi kerja dari kartu Prakerja. Setiap Warga Negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti pelatihan kerja dari kartu Prakerja.

Baca juga: Mengapa Insentif Prakerja Gagal Cair? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Dalam tahapannya, sebelum calon peserta bisa mengikuti gelombang pelatihan kerja, mereka harus daftar akun kartu Prakerja terlebih dahulu. Setelah daftar akun, calon peserta wajib melalui tahap berikutnya, yakni verifikasi KTP.

Pada beberapa kondisi tertentu, kadangkala proses verifikasi KTP bisa tidak berjalan dengan mulus. Salah satu kendala yang mungkin kerap dijumpai calon peserta adalah alamat KTP tidak sesuai Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil).

Kendala tersebut umum dijumpai calon peserta ketika memasukkan alamat KTP untuk keperluan pendaftaran Prakerja secara daring. Lantas, kenapa alamat KTP tidak sesuai dengan data di Dukcapil?

Masalah alamat KTP tidak sesuai Dukcapil terjadi karena biasanya terdapat kesalahan format penulisan yang dilakukan calon peserta saat daftar Prakerja. Kesalahan ini yang membuat sistem di situs web Prakerja gagal membaca data KTP calon peserta.

Bila terjadi kesalahan saat memasukkan alamat KTP, situs web Prakerja bakal memberi peringatan ke calon peserta dengan tulisan ini “Alamat Sesuai KTP anda tidak sesuai dengan data di Dukcapil.”

Agar bisa melakukan pendaftaran, kiranya calon peserta perlu memahami bagaimana cara mengisi alamat di Prakerja. Untuk mengatasi alamat KTP tidak sesuai Dukcapil saat daftar Prakerja, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Cara mengatasi alamat KTP tidak sesuai Dukcapil saat daftar Prakerja

  • Tulis data alamat sesuai dengan yang tertera di KTP, tidak ditambah maupun dikurangi.
  • Pastikan tanda baca, singkatan, dan spasi dari penulisan alamat sudah sesuai dengan yang tertera di KTP.
  • Tidak perlu menuliskan keterangan RT/RW, kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, dan sebagainya.

Baca juga: Verifikasi Wajah Pendaftaran Prakerja Gagal Terus? Lakukan Cara Ini Agar Berhasil

Perlu diketahui, cara di atas bersumber langsung dari keterangan yang diunggah akun resmi Instagram kartu Prakerja dengan handle @prakerja.go.id. Demikian informasi seputar cara mengatasi alamat KTP tidak sesuai Dukcapil saat daftar Prakerja, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.