Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Jumlah Follower yang Harus Dimiliki Agar Bisa Mendapat Uang di Instagram?

Kompas.com - Diperbarui 07/07/2022, 08:44 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.comInstagram menjadi salah satu media sosial populer di kalangan para konten kreator dunia. Tidak heran bila ada banyak konten kreator yang lahir dari platform tersebut.

Berbagai konten kreator juga kerap memanfaatkan media sosial ini untuk mendapatkan penghasilan dengan memonetisasi karya-karya mereka. Namun, seperti yang diketahui kebanyakan orang, untuk menjadi kreator harus punya pengikut (followers) yang banyak.

Hal itu lantas membuat pertanyaan bagi pengguna awam, berapa jumlah minimal pengikut yang sebenarnya harus dimiliki seseorang agar bisa mendapat uang dari Instagram?

Baca juga: Instagram Umumkan Cara Baru untuk Menambah Pemasukan Kreator Konten

Berdasarkan laporan Business Insider yang dirangkum Yahoo Finance, rupanya, jumlah followers bukan lah hal utama untuk bisa mendapatkan uang dari Instagram.

Dengan kata lain, kreator Instagram yang tidak memiliki banyak pengikut bisa turut mendapat penghasilan dari Instagram.

Salah satu contohnya adalah Kayla Compton, konten kreator lifestyle yang memiliki sekitar 2.500 pengikut. Jumlah tersebut mungkin terbilang cukup sedikit jika dibandingkan dengan kreator-kreator terkenal lainnya yang rata-rata memiliki ratusan hingga jutaan followers.

Seperti misalnya, Kevin Parry, kreator animasi stop motion yang beken di Instagram dengan 1,3 juta followers.

Baca juga: Influencer Keluhkan Pendapatan dari Instagram Reels Turun Drastis

Berbeda pula dengan Oliver Wong, seorang kreator konten travel fotografer yang memiliki lebih dari 940.000 followers. Angka tersebut sangat jauh lebih kecil dibanding jumlah pengikut milik Kayla.

Dalam sebuah wawancara tahun lalu, Kayla mengungkapkan bahwa dia mulai menawarkan jasa konten berbayar ketika followers-nya masih 2.000-an. Kata itu, Kayla mematok harga 250 dollar AS atau sekitar Rp 3,7 juta (kurs hari ini) untuk jasa konten berbayar.

Manfaatkan program afiliasi

Selain mendapat bayaran dari konten, Kayla juga mendapat komisi dari berbagai tautan atau kode afiliasi. Biasanya, perusahaan memang memiliki program afiliasi dengan kreator untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Singkatnya, program afiliasi memungkinkan afiliator mendapat komisi apabila berhasil mengajak orang lain untuk bergabung atau mau menggunakan layanan/produk yang ditawarkan.

Baca juga: Cara Baru Influencer Hasilkan Uang di Facebook dan Instagram

Biasanya, afiliator membagikan link atau tautan untuk membagikan kode referral. Kemudian, apabila salah seorang penguna tertarik untuk mengeklik tautan tersebut, atau bahkan sampai membeli barang yang dipromosikan Kayla, perusahaan akan membagi komisi kecil kepada kreator.

Nah, di Instagram, link itu lebih mudah dibagikan sejak Instagram merilis fitur stiker "Link" di Stories, di mana seluruh penggunanya bisa menyematkan tautan di Instagram Story, lalu dikunjungi followers-nya.

Sebelumnya, hanya kreator dengan jumlah followers tertentu atau akun Instagram terverifikasi saja yang bisa membagikan link lewat Instagram Stories.

Tidak diketahui berapa komisi yang diterima Kayla. Akan tetapi, cara-cara tersebut yang dilakukan Kayla untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com