Berapa Jumlah Follower yang Harus Dimiliki Agar Bisa Mendapat Uang di Instagram?

Kompas.com - Diperbarui 07/07/2022, 08:44 WIB

KOMPAS.comInstagram menjadi salah satu media sosial populer di kalangan para konten kreator dunia. Tidak heran bila ada banyak konten kreator yang lahir dari platform tersebut.

Berbagai konten kreator juga kerap memanfaatkan media sosial ini untuk mendapatkan penghasilan dengan memonetisasi karya-karya mereka. Namun, seperti yang diketahui kebanyakan orang, untuk menjadi kreator harus punya pengikut (followers) yang banyak.

Hal itu lantas membuat pertanyaan bagi pengguna awam, berapa jumlah minimal pengikut yang sebenarnya harus dimiliki seseorang agar bisa mendapat uang dari Instagram?

Baca juga: Instagram Umumkan Cara Baru untuk Menambah Pemasukan Kreator Konten

Berdasarkan laporan Business Insider yang dirangkum Yahoo Finance, rupanya, jumlah followers bukan lah hal utama untuk bisa mendapatkan uang dari Instagram.

Dengan kata lain, kreator Instagram yang tidak memiliki banyak pengikut bisa turut mendapat penghasilan dari Instagram.

Salah satu contohnya adalah Kayla Compton, konten kreator lifestyle yang memiliki sekitar 2.500 pengikut. Jumlah tersebut mungkin terbilang cukup sedikit jika dibandingkan dengan kreator-kreator terkenal lainnya yang rata-rata memiliki ratusan hingga jutaan followers.

Seperti misalnya, Kevin Parry, kreator animasi stop motion yang beken di Instagram dengan 1,3 juta followers.

Baca juga: Influencer Keluhkan Pendapatan dari Instagram Reels Turun Drastis

Berbeda pula dengan Oliver Wong, seorang kreator konten travel fotografer yang memiliki lebih dari 940.000 followers. Angka tersebut sangat jauh lebih kecil dibanding jumlah pengikut milik Kayla.

Dalam sebuah wawancara tahun lalu, Kayla mengungkapkan bahwa dia mulai menawarkan jasa konten berbayar ketika followers-nya masih 2.000-an. Kata itu, Kayla mematok harga 250 dollar AS atau sekitar Rp 3,7 juta (kurs hari ini) untuk jasa konten berbayar.

Manfaatkan program afiliasi

Selain mendapat bayaran dari konten, Kayla juga mendapat komisi dari berbagai tautan atau kode afiliasi. Biasanya, perusahaan memang memiliki program afiliasi dengan kreator untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.