Pengguna Google Chrome di Android dan Windows Wajib Update Secepatnya

Kompas.com - 07/07/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Google mengimbau seluruh pengguna Google Chrome di Android dan komputer desktop (PC/laptop) Windows untuk segera melakukan pembaruan (update) secepat mungkin.

Update dilakukan agar para pengguna bisa terhindar dari kerentanan (vulnerability) pada peramban Chrome yang parah. Dengan update Google Chrome ini, mereka secara tidak langsung menambal dan menutup celah keamanan tersebut.

Google melalui blog resminya, Senin (4/7/2022) lalu, melaporkan terdapat ancaman kode “CVE-2022-2294” yang dilabeli sebagai ancaman tingkat tinggi, yang memungkinkanhacker menyusup melalu peramban Chrome dan mengeksploitasi data yang tersimpan di perangkat.

Baca juga: Cara Mengganti Akun Google Chrome lewat HP

Namun Google pada 4 Juli lalu telah merilis pembaruan untuk menambal celah keamanan tersebut, dengan merilis Chrome versi 103.0.5060.114 untuk Windows dan versi Chrome 103.0.5060.71.

Cara update Google Chrome

Untuk mengetahui versi Google Chrome yang dipakai di ponsel Android, pengguna bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi Google Chrome
  • Klik ikon berbentuk titik yang memanjang ke bawah, ikon ini berada di atas kanan aplikasi
  • Pilih Settings (Pengaturan)
  • Gulir layar ke bawah sampai menemukan “About Chrome” dan klik.

Sedangkan untuk pengguna Windows, mereka bisa melihat melalui menu Help > About Google Chrome.

Pengguna akan dapat melihat versi Google Chrome yang terpasang di ponsel/komputer Windows mereka. Apabila versi yang dimiliki di bawah versi terbaru (103), maka pengguna harus segera melakukan pembaruan.

Sementara untuk melakukan update Google Chrome di Android, pengguna bisa melakukannya melalui toko aplikasi Google Play Store.

Baca juga: 10 Extension Google Chrome buat Permudah Kerjaan di Laptop

Bagi pengguna Windows, mereka bisa membuka menu Help di deretan menu paling atas, lalu pilih About Google Chrome. Jika terdapat pemberitahuan versi terbaru telah tersedia, segera lakukan update.

Setelah update, relaunch (tutup dan buka kembali) Google Chrome agar update versi terbaru tersebut bekerja.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber phonearena
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.