Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Umumkan Lockdown Mode untuk iPhone, iPad, dan Mac

Kompas.com - 07/07/2022, 09:35 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Apple mengumumkan fitur keamanan baru untuk sejumlah perangkatnya yang disebut "Lockdown Mode". 

Apple juga mengatakan bahwa mode ini menawarkan tingkat keamanan yang tinggi, karena ditujukan untuk melindungi orang-orang tertentu yang berpotensi mendapat ancaman keamanan yang canggih.

Misalnya, spyware (malware pengintai) yang menargetkan tentara bayaran yang didukung oleh negara atau semacamnya.

Kendati menyasar orang-orang tertentu, fitur ini kemungkinan akan tersedia bagi semua pengguna iPhone, iPad, dan Mac setelah pengujian tuntas.

Baca juga: Eropa Desak Apple Sediakan Alternatif App Store di iPhone

"Lockdown Mode adalah terobosan yang mencerminkan komitmen kami untuk melindungi pengguna dari serangan paling langka dan paling canggih," kata Kepala Teknik Keamanan Apple, Ivan Krsti? dalam keterangan resmi, dikutip KompasTekno dari MacRumors, Kamis (7/7/2022). 

"Meski sebagian besar pengguna tidak akan pernah menjadi korban serangan siber yang sangat ditargetkan, kami akan berupaya melindungi sejumlah kecil pengguna yang menjadi korban," imbuhnya.

Ketika Lockdown Mode diaktifkan di perangkat Apple, kemudian fitur perangkat, aplikasi dan situs web akan diperketat guna mengurangi potensi seranga siber dan memperkuat keamanan perangkat. Berikut detail pengetatan yang akan dilakukan:

  • Pada aplikasi Pesan (Messages), sebagian besar jenis lampiran selain gambar akan diblokir. Beberapa fitur termasuk fitur pratinjau tautan juga tidak akan tersedia.

  • Panggilan FaceTime dari orang yang belum dikenali pengguna sebelumnya, akan diblokir. Undangan untuk masuk ke layanan Apple lainnya dari orang asing juga akan diblokir.

  • Beberapa teknologi web yang kompleks dan fitur browsing, termasuk JavaScript just-in-time (JIT) akan dinonaktifkan. Namun pengguna bisa mengecualikan situs yang dinilai terpercaya. Batasan ini akan diterapkan untuk Safari dan semua peramban yang memakai WebKit di iPhone, iPad dan Mac.

    Ilustrasi fitur Apple Lockdown ModeApple Ilustrasi fitur Apple Lockdown Mode

  • Fitur "shared album" akan dihapus dari aplikasi "Photos". Kemudian undangan baru shared album akan diblokir.

  • Ketika perangkat terkunci, koneksi kabel dengan perangkat/aksesori lainnya akan diblokir.

  • Saat mengaktifkan Lockdown Mode, fitur konfigurasi profil tidak dapat dipakai, dan perangkat Anda juga tidak dapat didaftarkan ke mobile device management (MDM).

Baca juga: Apple Wajibkan Seluruh Aplikasi di App Store Mudahkan Pengguna Hapus Akun

Dirangkum KompasTekno dari MacRumors, Lockdown Mode sudah diaktifkan untuk iOS 16, iPadOS 16 dan macOS Ventura versi beta ketiga yang dirilis Apple Rabu, (6/7).

Fitur ini akan tersedia bagi semua pengguna ketika beberapa sistem opersi baru Apple tersebut dirilis akhir tahun ini.

Fitur Lockdown Mode nantinya akan diatur dalam keadaan non-aktif secara default. Jadi pengguna yang ingin mengaktifkan mode ini bisa mengunjungi menu Pengaturan/Settings atau System Settings, kemudian pilih opsi Privasi dan Keamanan.

Mode ini juga dapat diaktifkan kapanpun ketika pengguna perlukan. Namun perlu diingat bahwa aktivasi Lockdown Mode akan membuat perangkat memuat ulang (restart) dan mengharuskan pengguna memasukkan kode sandi perangkat.

Baca juga: Apple dan Google Diminta Hapus TikTok dari Toko Aplikasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MacRumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com