Teknologi AI Bantu Wasit Piala Dunia 2022 Tentukan Offside

Kompas.com - 07/07/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Gelaran Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung di Qatar akan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk membantu wasit, yang diklaim lebih akurat dan cepat.

Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), juga telah mengonfirmasi pihaknya akan mengadopsi teknologi VAR (video assistant referee) yang didukung AI untuk menentukan keputusan offside selama pertandingan Piala Dunia 2022.

Disebut semi-automated offside technology (SAOT), teknologi ini akan membantu menilai keputusan posisi offside dalam pertandingan. Namun, meski memanfaatkan kecanggihan AI, keputusan akhir tetap akan menjadi wewenang wasit setelah mempertimbangkan hasil SAOT.

"SAOT lebih cepat dan lebih akurat serta menawarkan komunikasi yang lebih baik," kata Pierluigi Collina, ketua komite wasit FIFA, dikutip KompasTekno dari The Guardian, Kamis (7/7/2022).

"Teknologi ini menciptakan bentuk visualisasi baru bagi para supporter di rumah dan di lapangan. Semua pengujian berjalan dengan baik dan SAOT akan digunakan di Piala Dunia Qatar 2022," lanjut Collina.

Baca juga: Google Jewer Karyawan yang Sebut AI Makin Mirip Manusia

Secara teknis pemantauan offside akan dibantu dengan peta 3D dan 12 kamera. Kamera itu dirancang agar mampu melacak 29 titik di tubuh pemain dan mengirimkan data hingga 50 kali per detik ke operator SAOT.

Ilustrasi analisis 29 titik tubuh pemain sepak bola pakai sensor AIFIFA Ilustrasi analisis 29 titik tubuh pemain sepak bola pakai sensor AI

Selain itu, bola yang digunakan dalam pertandingan juga didukung teknologi mutakhir, seperti sensor yang mampu mengirimkan data lokasi 500 kali per detik. Data tersebut kemudian dicocokkan dengan posisi para pemain yang tertangkap di kamera.

Kumpulan data tersebut selanjutnya diolah menggunakan AI bikinan sejumlah perguruan tingi termasuk Massachussetts Institute of Technology (MIT).

Setelah terkirim ke operator SAOT, data-data itu akan dicek ulang oleh sistem VAR. Selanjutnya, VAR akan menyampaikan hasil analisa ke wasit sebagai bahan pertimbangan keputusan akhir.

Rekaman 3D dari insiden offside nantinya juga akan ditampilkan di TV dan layar yang ada di stadion.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Guardian,FIFA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.