Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Mengatasi WiFi Sering Terputus di Windows 10

Kompas.com - 07/07/2022, 19:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - WiFi yang terputus di laptop memang cukup menghambat pekerjaan Anda. Masalahnya, terkadang WiFi yang terputus tersebut seringkali susah untuk dihubungkan kembali. Akibatnya seluruh aktivitas pengguna di Internet terkadang turut terganggu.

Umumnya terdapat beberapa penyebab WiFi yang sering terputus. Mulai dari koneksi WiFi yang memang lemah, masalah modem atau router, hingga driver yang mengalami bug.

Untuk mengatasi masalah ini berikut ini KompasTekno merangkum tiga cara mengatasi WiFi yang sering terputus di Windows 10.

Baca juga: Cara Melihat Password WiFi yang Tersimpan di HP Android

Matikan kemudian nyalakan kembali WiFi Anda

Jika komputer Windows 10 Anda terus terputus dari WiFi, matikan melalui tombol power Windows, tunggu sebentar, lalu hidupkan kembali. Hal ini berguna agar laptop dapat membuat koneksi baru ke hotspot WiFi.

Menonaktifkan Bluetooth

Terkadang koneksi ke perangkat Bluetooth dapat menyebabkan masalah yang dapat membuat koneksi WiFi terputus. Maka dari jika ikon Bluetooth menunjukkan jaringan aktif maka segera matikan. 

Batalkan unduhan apa pun di smartphone Anda

Jika komputer Anda terus terputus dari WiFi saat ditambatkan ke smartphone, mungkin ponsel Anda terlalu banyak memuat beragam aktivitas.

Hentikan pembaruan atau unduhan apa pun yang berlangsung di ponsel, dan cobalah untuk tidak menggunakannya saat Anda sendang mengakses internet di komputer Anda.

Baca juga: 5 Cara Cek Kecepatan WiFi di HP dan Laptop dengan Mudah

Periksa router Anda

Periksa router internet Anda untuk memastikan router berfungsi dengan benar dan semua lampu LED-nya menunjukkan koneksi yang kuat.

Nyalakan ulang router Anda

Anda juga bisa mencoba dengan melakukan reboot router. Cara ini juga dirasa cepat sering kali dapat memperbaiki masalah pemutusan WiFi.

Restart Windows Anda

Melakukan restart dasar dapat memperbaiki berbagai masalah yang terjadi di Windows 10. Salah satunya memperbaiki masalah terputusnya WiFi. 

Nonaktifkan VPN

VPN bisa jadi dapat mengganggu koneksi WiFi Anda. Cobalah untuk mematikan VPN dan cek kembali jaringan WiFi Anda.

Baca juga: 3 Cara Memunculkan Ikon WiFi di Laptop Windows yang Hilang

Memperbarui Windows 

Mengunduh dan menginstal pembaruan Windows 10 terbaru dapat memperbaiki berbagai bug. Selain itu dapat membuat perangkat Anda lebih aman saat mengakses internet.

Demikian cara mengatasi WiFi yang sering terputus di Windows 10. Semoga membantu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com