Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensor Kamera 1 Inci Leica di Xiaomi 12S Ultra Boleh Dipakai Vendor Lain

Kompas.com - 08/07/2022, 09:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Engadget

KOMPAS.com - Xiaomi baru saja meluncurkan tiga model ponsel flagship dari keluarga Xiaomi 12S series. Salah satunya adalah Xiaomi 12S Ultra yang diposisikan sebagai model teratas.

Sebagai varian teratas, Xiaomi 12S Ultra membawa spesifikasi istimewa, seperti kamera utama 50 MP dengan sensor Sony IMX989 yang berukuran 1 inci.

Sensor kamera itu terbilang istimewa, sebab ini merupakan pertama kalinya Sony meluncurkan sensor kamera dengan ukuran 1 inci. Sebelum-sebelumnya, ukuran sensor Sony lebih kecil dari 1 inci.

Di samping itu, Xiaomi juga dilaporkan ikut andil dalam pengembangan sensor Sony IMX989. Menurut informasi, pengembangan sensor Sony IMX989 berukuran 1 inci itu menelan biaya sebesar 15 juta dollar AS atau setara Rp 224 miliar.

Baca juga: Sharp Aquos R6 Meluncur dengan Sensor Kamera 1 Inci

Yang menarik, meski dikembangkan oleh Xiaomi dan debut pertama kali di Xiaomi 12S Ultra, sensor Sony IMX989 itu dipastikan tidak akan ekslusif di lini produk bikinan Xiaomi saja.

CEO Xiaomi Lei Jun mengatakan bahwa sensor Sony IMX989 ukuran 1 inci ini juga bisa digunakan oleh vendor ponsel Android asal China lainnya.

Bos Xiaomi itu menegaskan bahwa penggunaan sensor Sony IMX989 untuk merek ponsel Android selain Xiaomi itu bertujuan untuk "mempromosikan kemajuan pencitraan seluler (kamera) bersama-sama".

Sayangnya, Lei Jun tidak merinci rival Xiaomi mana saja yang bakal menggunakan sensor Sony IMX989 ke depannya.

Selain Sony, Xiaomi juga menggandeng perusahaan kamera kenamaan asal Jerman, Leica untuk merancang ketiga kamera belakang Xiaomi 12S Ultra.

Baca juga: FOTO: Xiaomi 12S Ultra Meluncur dengan Lensa Leica

Selain kamera utama 50 MP, dua kamera lain di Xiaomi 12S Ultra adalah kamera ultra-wide 48 MP dengan bidang pandang 128 derajat, dan kamera telefoto 48 MP. Kedua kamera ini menggunakan sensor Sony IMX586 berukuran 1/2 inci.

Xiaomi 12S Ultra meluncur di ChinaXiaomi Xiaomi 12S Ultra meluncur di China
Sensor Sony IMX989 di Xiaomi 12S Ultra

Ketika meluncurkan Xiaomi 12S Ultra, Xiaomi mengklaim ponsel yang dibekali dengan ukuran sensor kamera yang besar itu mampu mengumpulkan cahaya secara lebih baik, memberikan fokus lebih cepat, menghadirkan kinerja rentang dinamis yang lebih baik.

Hal tersebut senada seperti yang pernah dikatakan oleh fotografer kenamaan Arbain Rambey. Menurut Arbain, sensor yang besar dapat menghasilkan foto yang punya rentang dinamik tinggi, punya butir-butir pembentuk gambar yang masif, serta bintik (noise) yang sedikit.

Baca juga: Sony Xperia 1 IV Resmi Meluncur, Harga Rp 23 Juta

Ukuran sensor yang semakin besar, memungkinkan vendor smartphone menyematkan multi-frame processing yang akan mampu menawarkan pengalaman foto lebih baik.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Engadget, Jumat (8/7/2022), sensor kamera pada Xiaomi 12S Ultra ini dapat meningkatkan kualitas gambar lewat metode pixel binning atau penggabungan beberapa piksel menjadi satu.

Di mode 4x4 Pixel Binning, resolusi gambar dari kamera utama 50 MP (sensor Sony IMX989) itu mencapai 12,5 MP dengan ukuran tiap pixel mencapai 3,6 mikrometer (μm).

Melalui pixel binning, hasil gambar Xiaomi 12S Ultra diharapkan dapat menghasilkan gambar yang baik dalam kondisi cahaya rendah, serta memiliki akurasi warna yang lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com