Arti Kata “Bdmd” yang Sering Digunakan di Twitter

Kompas.com - Diperbarui 11/07/2022, 08:17 WIB

KOMPAS.com - Berbicara bahasa gaul di Twitter seakan tak ada habisnya. Adapun salah satu bahasa gaul di Twitter yang mungkin kerap digunakan adalah kata “Bdmd”. Kata tersebut tergolong bahasa gaul lantaran tidak terkodifikasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Pengguna di Twitter bisa dikatakan kerap memakai bahasa yang tidak formal, seperti kata Bdmd. Sebagian dari Anda mungkin pernah juga menjumpai pengguna yang memakai kata itu di linimasa Twitter.

Baca juga: Arti Kata “Afh Iyh” yang Ramai Digunakan di Twitter

Contoh pemakaian kata Bdmd di Twitter salah satunya bisa dilihat melalui unggahan Tweet dari akun dengan handle @veronikabcde, sebagaimana tertera pada cuplikan di bawah ini.

Dari unggahan tersebut, kata Bdmd tampak dipakai oleh akun tersebut untuk mengungkapkan perasaan atas perlakuan atau peristiwa yang menimpanya.

Selain dari contoh di atas, terdapat pula beberapa Tweet dari akun lain yang juga turut memakai kata Bdmd untuk semacam menjelaskan suasana perasaan. Contohnya, bisa dilihat lewat Tweet yang diunggah akun dengan handle @chivaareee di bawah ini.

Berdasar dua contoh di atas, dapat diketahui konteks pemakaian Bdmd adalah untuk menjelaskan suasana perasaan akibat menerima sebuah perlakukan tertentu.

Dengan konteks seperti itu, kata Bdmd lebih spesifik dipakai untuk mewakilkan ungkapan perasaan yang nuansanya seperti buruk, menyedihkan, atau tidak menyenangkan.

Pemakaian Bdmd untuk mewakilkan perasaan dengan nuansa tersebut salah satu contohnya tertera pada unggahan Tweet oleh akun dengan handle @suka_matcha17, sebagaimana tercantum di bawah ini.

Akun tersebut membubuhkan kalimat kembalinya “mood” (suasana hati atau perasaan) untuk disandingkan secara berlawanan dengan Bdmd. Dari tulisannya, menyiratkan terdapat peristiwa perubahan suasana hati (dari buruk ke baik) ketika melakukan pekerjaan tertentu.

Kata “mood” sendiri dapat ditemukan dengan mudah dalam kamus bahasa Inggris, yang berarti suasana hati atau perasaan. Sementara itu, kamus bahasa Inggris seperti Merriam Webster tidak memiliki penjelasan untuk kata Bdmd.

Bila dipakai sebagai lawan dari kembalinya “mood” maka “Bdmd” seharusnya juga termasuk dalam bahasa Inggris. Namun, tampaknya “Bdmd” bukanlah kata tunggal, melainkan akronim atau singkatan. Lantas, apa singkatan dari Bdmd?

Melihat beberapa contoh di atas, Bdmd bisa dikatakan merupakan singkatan dari kata “Bad Mood”. Sebagai singkatan dari “Bad Mood”, kata Bdmd pun dapat diartikan sebagai suasana hati yang sedang buruk atau jelek.

Baca juga: Arti 10 Istilah yang Kerap Dipakai di WhatsApp: SW, TC, PAP, dan Lainnya

Dengan arti Bdmd yang sama seperti “Bad Mood” itu, tak heran bila pengguna di Twitter memakainya untuk menjelaskan suasana perasaan yang buruk. Demikianlah penjelasan mengenai arti Bdmd yang sering dipakai di Twitter, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.