GameStop PHK Karyawan dan Pecat Bos Keuangan

Kompas.com - 10/07/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Industri teknologi tengah dihantui gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) dalam beberapa waktu belakangan. Misalnya, seperti yang dilakukan Netflix, Tesla, Clubhouse, Coinbase, dan lainnya.

Kini, GameStop pun menempuh langkah yang sama. Perusahaan ritel game raksasa di Amerika Serikat itu dilaporkan melakukan PHK pada sejumlah karyawannya, termasuk Chief Financial Officer (CFO) GameStop, Mike Recupero.

Tidak diketahui berapa banyak karyawan yang terdampak dalam PHK GameStop kali ini. Namun, outlet media Kotaku memperkirakan karyawan yang di-PHK sebagian besar adalah yang bekerja di kantor pusat (headquarters/HQ) GameStop di Grapevine, Texas, AS.

Baca juga: Tesla PHK Hampir 200 Karyawan

Pemangkasan itu dilakukan karena GameStop memutuskan untuk mengubah haluan bisnisnya ke arah yang lebih agresif, yakni ke bisnis game berbasis blockchain.

Hal itu terkonfirmasi dari memo internal perusahaan yang bocor ke publik. Dalam memo itu CEO GameStop, Matt Furlong, merinci sejumlah update bisnis GameStop.

Saat ini, GameStop tengah mencoba merambah bisnis blockchain. Furlong mengatakan, setelah 18 bulan berinvestasi besar-besaran pada infrastruktur, sumber daya manusia, hingga teknologi, GameStop bakal meluncurkan marketplace non-fungible token (NFT) dalam waktu dekat.

Selama tahun 2021 dan paruh pertama 2022, Furlong mengatakan bahwa GameStop telah melakukan perekrutan terhadap lebih dari 600 karyawan.

"Kini fokus kami adalah mencapai profitabilitas yang berkelanjutan. Ini berarti juga mengharuskan perusahaan menghilangkan biaya (cost) berlebih," tulis Furlong dalam memo.

Baca juga: Developer Pokemon Go PHK Puluhan Karyawan, 4 Proyek Game Dibatalkan

Furlong melanjutkan, PHK terhadap sejumlah pegawai perlu dilakukan agar GameStop bisa beroperasi dengan efektif sehingga dapat mencapai profitabilitas.

Dalam memonya, Bos GameStop itu juga mengumumkan bahwa CFO GameStop Mike Recupero meninggalkan perusahaan. Posisi bos keuangan GameStop selanjutnya diwariskan ke Diana Saadeh-Jajeh. Jajeh sebelumnya menjabat sebagai Chief Accounting Officer di GameStop.

Halaman:
Sumber CNBC


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.