BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Berbekal Smartphone, Kini Siapa Pun Bisa Bikin Film Pendek, Simak 4 Kiat Berikut

Kompas.com - 11/07/2022, 15:31 WIB

KOMPAS.com - Berkat teknologi yang kian canggih, kini siapa pun dapat berkarya menuangkan ide dan kreativitas melalui berbagai medium. Salah satunya adalah film pendek.
Saat ini, film tidak hanya dapat dibuat menggunakan kamera konvensional, tetapi juga perangkat sederhana seperti smartphone.

Ada beberapa contoh film pendek karya sutradara kenamaan yang digarap dengan apik menggunakan smartphone. Film-film tersebut adalah Night Fishing karya sutradara asal Korea Selatan, Park Chan-wook, Tangerine karya Sean Baker, serta Unsane dan High Flying Bird karya Steven Soderbergh.

Kamu yang memiliki minat di bidang audiovisual dan film pun bisa membuat karya apik layaknya para sutradara kenamaan tersebut hanya dengan berbekal smartphone.

Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk dapat membuat film pendek yang menarik perhatian menggunakan smartphone. Apa saja?

Baca juga: Gandeng Nicholas Saputra, Agan Harahap Bikin Film Pendek Keren Bahas Spesifikasi Oppo Find X5 Pro 5G

1. Membangun struktur cerita yang kuat

Film pendek pada dasarnya merupakan bentuk karya fiksi dan nonfiksi yang dibuat secara sederhana, mudah dimengerti, dan disuguhkan semenarik mungkin dalam durasi singkat.

Karena itu, penulis naskah film pendek harus mampu membentuk sebuah cerita yang terstruktur. Struktur cerita yang rapuh tak hanya membuat film jadi membosankan, tetapi juga berpotensi membuat logika cerita terkesan tak masuk akal.

Setidaknya, ada tiga struktur dasar, yang disebut three act, untuk merangkai sebuah narasi dalam film pendek. Pertama, setup. Pada tahap ini, karakter utama, problem yang akan dihadapi tokoh, dan tujuan (goal) film mulai diperkenalkan.

Kedua, confrontation. Pada tahap ini, cerita film menunjukkan masalah yang dihadapi karakter utama dan merespons masalah. Ketiga, resolution, yakni menyajikan klimaks dari film dan kesimpulannya.

Baca juga: Ini Alasan Oppo Find X5 Pro 5G Disebut sebagai Smartphone Gahar di Kelasnya

2. Pahami skenario dan kuasai director treatment

Selain mampu menyuguhkan cerita dengan struktur yang kuat, kreator konten juga perlu memahami skenario (screenplay) secara menyeluruh untuk membuat sebuah film pendek.

Adapun skenario berisi urutan-urutan adegan, tempat kejadian, dan dialog yang disusun.
Dalam membuat film, skenario sangat penting karena dapat membantu kamu mengarahkan kru di lapangan sesuai target yang hendak dicapai dalam film tersebut.

Selain itu, director's treatment, yaitu catatan kecil yang berisi detail visi dan gambaran adegan di setiap frame yang dimiliki sutradara, juga perlu dikuasai. Tujuannya, agar semua kru yang terlibat dalam tahap syuting paham benar setiap gambar yang ingin diwujudkan dalam produksi film tersebut.

3. Rencanakan shot dan eksplorasi angle

Agar tahapan syuting berjalan lancar dan efisien, setiap shot yang hendak diambil harus direncanakan secara matang, baik dari segi angle, tipe, serta gerak kameranya.

Pasalnya, ketika tengah merekam momen, seseorang seringkali terlalu asyik merekam sambil terus menggerakkan kamera. Alhasil, banyak rekaman mubazir dan tak berkaitan dengan pesan yang ingin disampaikan dalam sebuah adegan.

Baca juga: Rahasia Oppo Find X5 Pro 5G Bisa Rekam Video Malam Superjernih Beresolusi 4K

Selain itu, eksplorasi angle sebelum memasuki tahap syuting juga penting dilakukan. Angle yang sudah ditentukan sebelumnya bisa dijadikan sebagai panduan anggota kru dalam merekam momen sesuai isi skenario.

OPPO Find X5 Pro 5G tersedia dalam dua warna.Dok. Oppo OPPO Find X5 Pro 5G tersedia dalam dua warna.

4. Gunakan smartphone dengan kamera andal

Setelah mempersiapkan langkah-langkah tersebut, berikutnya adalah memilih smartphone andal yang bisa dioptimalkan untuk tahap syuting film pendek.

Oleh karena itu, pilihlah smartphone yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur kamera mumpuni, seperti Oppo Find X5 Pro 5G. Flagship anyar besutan Oppo merupakan suksesor pendahulunya, Oppo Find X3 Pro, yang diperkenalkan pada 2021.

Sebagai smartphone flagship, Oppo Find X5 Pro 5G dibekali inovasi anyar, terutama pada sektor fotografi dan videografi.

Chief Executive Officer (CEO) Oppo Indonesia Jim Zhang mengatakan, inovasi yang dibenamkan pada Oppo Find X5 Pro 5G telah dites ratusan kali untuk memastikan kualitas serta ketahanannya.

Baca juga: Mengenal MariSilicon X di Oppo Find X5 Pro 5G, Chipset yang Tawarkan Era Baru Fotografi dan Videografi Malam

“(Dengan begitu), Oppo Find X5 Pro 5G dapat menetapkan standar baru dalam smartphone melalui berbagai fitur unggulan yang tidak ditemui pada smartphone lain,” ujar Zhang pada acara peluncuran smartphone tersebut.

Untuk diketahui, Oppo Find X5 Pro 5G telah dilengkapi fitur 4K AI Night guna menyokong kemampuan videografi. Adapun Oppo Find X5 Pro 5G merupakan smartphone pertama yang memiliki fitur ini.

Fitur tersebut diklaim mampu menghasilkan video beresolusi 4K dengan 60 frame per seconds (fps) seolah terdiri dari foto-foto yang diambil menggunakan mode malam. Alhasil, rekaman yang dibidik terlihat jernih dan terang di setiap pencahayaan, meski dalam resolusi dan fps tinggi.

Hasil video yang didapat juga stabil berkat fitur AI Highlight Video dan Ultra Steady Pro.

Hasil jepretan Oppo Find X5 Pro 5G pada malam hari.Dok. Oppo Hasil jepretan Oppo Find X5 Pro 5G pada malam hari.

Perpaduan apik hardware dan software

Kemampuan videografi apik Oppo Find X5 Pro 5G merupakan hasil perpaduan antara hardware dan software yang mumpuni.

Baca juga: Bak Sihir, Begini Hasil Foto Bidikan Pemeran Newton Scamander Pakai Oppo Find X5 Pro 5G

Untuk diketahui, Oppo Find X5 Pro 5G dibekali dua sensor Sony IMX766 50 megapiksel (MP). Dilengkapi prosesor gambar atau neural processing unit (NPU) MariSilicon X, artificial intelligence (AI) yang telah ditingkatkan, dan kedalaman warna 20-bit RAW Plus Dynamic Range hingga 120 db, dua sensor kamera itu bisa bekerja lebih optimal.

Selain itu, NPU tersebut juga mampu mendeteksi dan mengurangi noise pada setiap gambar yang diambil. Berkat chipset gambar ini, perekaman video Oppo Find X5 Pro 5G memiliki performa 20 kali lebih baik ketimbang Oppo Find X3 Pro.

Tak hanya itu, Oppo Find X5 Pro 5G juga memiliki performa prima karena sudah dilengkapi system on chip (SoC) Snapdragon 8 Gen 1 dan dukungan random access memory (RAM) 12 gigabita (GB) serta penyimpanan internal (ROM) 256 GB. Snapdragon seri ini dibuat dengan fabrikasi 4 nm dan arsitektur Armv9 yang terdiri dari tiga klaster prosesor.

Oppo Find X5 Pro 5G.Dok. Oppo Oppo Find X5 Pro 5G.

Pada klaster pertama, chipset tersebut dipadukan dengan Cortex-X2 berkecepatan clock 3,0 gigahertz (GHz). Untuk klaster kedua, terdapat tiga core Cortex-A710 berkecepatan 2,5 GHz. Sementara pada klaster ketiga, Qualcomm menyematkan empat core Cortex A510 berkecepatan 1,8 GH.

Chipset tersebut memungkinkan Oppo Find X5 Pro 5G mampu menjalankan beragam fitur sekaligus, mulai dari koneksi 5G, fingerprint, AI, game, Wi-Fi 6, hingga Bluetooth 5.2.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Kamera Hasselblad, dari Pemotretan Jejak Kaki di Bulan hingga Album Abbey Road

CPU tersebut juga didukung pengolahan grafis GPU Adreno 730 yang mampu mempertahankan efisien daya hingga 25 persen.

Dengan dukungan kemampuan fotografi, dapur pacu mumpuni, dan baterai berkapasitas 5.000 miliampere per hour (mAh) yang didukung fitur pengisian daya cepat 80W SuperVOOC serta pengisian tanpa kabel 50W AirVOOC, Oppo Find X5 Pro 5G layak disebut sebagai peletak standar baru pada kelas flagship, terutama pada aspek fotografi dan videografi.

Fitur fast charging juga dimiliki oleh OPPO Find X5 Pro 5G. Dok. Oppo Fitur fast charging juga dimiliki oleh OPPO Find X5 Pro 5G.

Sebagai informasi, Oppo Find X5 Pro 5G dibanderol dengan harga Rp 14.999.000. Pilihan warna yang tersedia adalah Ceramic White dan Glaze Black.

Informasi lebih lanjut mengenai Oppo Find X5 Pro 5G, silakan kunjungi tautan berikut.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.