Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Penampakan iPhone 14 Plus?

Kompas.com - Diperbarui 13/07/2022, 07:48 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bocoran tentang iPhone 14 kian bertebaran dan ramai diperbicarakan di dunia maya. Salah satu bocoran terbaru adalah soal munculnya model "Plus".

Selama ini, banyak rumor menyebut bahwa iPhone 14 akan hadir dalam empat model, yakni iPhone 14 “reguler”, iPhone 14 Max, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Munculnya rumor soal model "Plus" terendus dari foto casing yang diyakini sebagai casing iPhone 14. Foto itu diumbar oleh pembocor gadget asal China yang dikenal dengan panggilan “Duan Rui” lewat sebuah unggahan di akun Twitter-nya dengan handle @duanrui1205, Jumat (8/7/2022).

Unggahan yang sama juga dibagikannya lewat jejaring sosial asal China, Weibo.

Baca juga: iPhone 14 dan Penerusnya Bakal Pakai Chip Lama?

Berdasarkan gambar yang diunggah, ada empat casing berjajar yang masing-masing diberi nama "14", "14 Pro", "14Plus, dan "14ProMax". Bila dilihat, casing "14 Plus" mirip dengan "14".

Tata letak lubang modul kameranya identik, yakni dua lubang besar yang tersusun diagonal, satu lubang agak kecil di kanan atas, serta lubang terkecil di kiri bawah. Hanya saja, ukuran casing "14Plus" sedikit lebih besar dibanding "14". Tata letak dua casing itu sedikit banyak mirip dengan model iPhone 13 versi "reguler".

Gambar yang diyakini sebagai casing iPhone 14 yang mengindikasikan model iPhone 14 Plus.Twitter/@duanrui1205 Gambar yang diyakini sebagai casing iPhone 14 yang mengindikasikan model iPhone 14 Plus.

Ini bukan kali pertama rumor soal model iPhone 14 muncul. Sebelumnya, rumor tentang iPhone 14 Plus juga sudah sempat diprediksi oleh firma riset pasar Omdia.

Menurut laporan Omdia, Apple akan meluncurkan model dengan moniker baru, yakni iPhone 14 Plus yang menurut laporan lain, akan diberi nama iPhone Max, sebagaimana dihimpun dari BGR.

Model "Plus/Max" nanti konon akan menggantikan model "iPhone mini" yang kabarnya akan mulai pensiun mulai tahun ini. Jika benar, maka iPhone 13 mini akan menjadi model "mini" terakhir.

Baca juga: iPhone 14 Mini Disebut Bakal Absen, Inikah Gantinya?

Menurut Omdia, model iPhone 14 Max/Plus nanti kabarnya akan dibekali layar berpanel OLED yang dipasok oleh Samsung.

Peluang munculnya model iPhone 14 Plus juga terbuka, sebab iPhone pernah menggunakan moniker "Plus", sebelum kelahiran iPhone X series dan seterusnya. Beberapa di antaranya adalah iPhone 6s Plus, iPhone 7 Plus, dan iPhone 8 Plus.

Kendati demikian, model iPhone 14 Plus masih sebatas rumor. Untuk memastikan kebenarannya, Apple Fanboy (julukan penggemar Apple), harus menunggu saat lini iPhone teranyar itu diluncurkan.

Apple belum mengumumkan kapan iPhone 14 series meluncur. Namun, santer terdengar rumor bahwa iPhone 14 series akan meluncur 13 September mendatang, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Mobile Syrup, Selasa (12/7/2022).

Baca juga: iPhone 14 Meluncur 13 September?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com