Kompas.com - 12/07/2022, 10:01 WIB

KOMPAS.com - Penggemar lagu beraliran low fidelity (Lo-fi) pasti tak asing dengan kanal YouTube bernama "Lofi Girl" yang memiliki 10,7 juta subscriber.

Kanal ini menawarkan dua jenis video yang disiarkan secara live stream setiap harinya. Satu video live streaming berjudul "lofi hip hop radio - beats to relax/study to" didedikasikan untuk menyajikan musik Lo-fi yang cocok didengarkan saat bersantai dan belajar.

Sementara satu video lainnya yang berjudul "lofi hip hop radio - beats to sleep/chill to" berisi koleksi soundtrack penghantar tidur.

Sayangnya, sejak Minggu (10/7/2022), kanal YouTube Lofi Girl berhenti melakukan live streaming tersebut karena dilaporkan melanggar hak cipta atau copyright.

Pantauan KompasTekno di kanal Lofi Girl pada Selasa (12/7/2022) pagi, video streaming "lofi hip hop radio - beats to relax/study to" dan "lofi hip hop radio - beats to sleep/chill to" juga masih tidak bisa diakses.

Ketika dibuka, kedua video itu hanya menunjukkan layar hitam dengan keterangan "This livestream recording is not available" (rekaman live streaming ini tidak tersedia).

Laporan copyright palsu

Dalam sebuah utas di Twitter, akun resmi @lofigirl mengumumkan bahwa video live streaming miliknya telah ditangguhkan oleh YouTube gara-gara laporan hak cipta palsu.

Dalam utas tersebut, akun @lofigirl menyertakan tangkapan layar dari pemberitahuan penghapusan video dari YouTube.

Isinya bahwa YouTube menghapus video Lofi Girl karena ada klaim hak cipta dari FMC Music Sdn Bhd Malaysia. Saat ini, Lofi Girl memiliki satu teguran hak cipta. Bila mendapatkan beberapa teguran, kanal YouTube Lofi Girl terancam ditangguhkan.

Kanal Lofi Girl meyakini bahwa laporan hak cipta itu adalah salah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.