Suara Film di Netflix Kini Bisa seperti di Bioskop Tanpa Speaker Tambahan

Kompas.com - 12/07/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Netflix berkolaborasi dengan Sennheiser meluncurkan fitur “Audio Spatial” di film/serial TV buatannya. Fitur ini memungkinkan penonton memiliki pengalaman audio yang lebih intens layaknya di bioskop, meski hanya menggunakan TV biasa.

Fitur Audio Spatial merupakan teknologi suara yang didesain untuk memberikan suara dari arah mana saja, layaknya di bioskop. Suara apa pun di dalam film juga akan diperdengarkan, sehingga penonton seolah terbawa masuk ke dalam film.

Ini bisa dicapai karena Netflix menggunakan teknologi AMBEO Immersive Audio dari Sennheiser untuk menghadirkan teknologi spatial audio meski hanya melalui perangkat stereo 2-channel.

Baca juga: Sennheiser Jual Headphone Rp 792 Juta di Indonesia

Artinya, pengguna tidak memerlukan speaker surround tambahan atau membuat ruangan bioskop (home theatre) sendiri untuk menikmati fitur audio tersebut.

Mereka bisa memanfaatkan perangkat TV standar, sistem stereo dari perangkat bawaan, headphone, tablet, hingga laptop saja untuk menikmati kualitas audio ala bioskop.

Namun, bagi pengguna iPhone, iPad, ataupun Apple TV, kualitas dari streaming perlu diubah ke pengaturan kualitas “Tinggi” atau “Otomatis” agar konten tersebut dapat kompatibel dengan fitur audio spasial ini.

Tak semua film/serial yang ada di Netflix mendukung fitur Audio Spatial. Sejumlah serial/film yang mendukung fitur tersebut antara lain “Stranger Things”, “The Adam Project”, “Red Notice”, “The Witcher”, dan “Locke & Key”.

Pelanggan juga bisa mengetik “Audio Spatial” pada kolom pencarian. Nantinya, sistem akan menyuguhkan sejumlah acara/film yang mendukung fitur tersebut. Jumlah judul-judul yang tersedia bergantung pada perangkat streaming yang digunakan.

Baca juga: Opsi Langganan Netflix Murah dengan Iklan Kian Mendekati Kenyataan

Fitur Audio Spatial ini juga hadir untuk semua pelanggan Netflix, terlepas dari apa pun paket langganan streaming yang mereka beli.

Audio spatial Netflix membantu menghadirkan pengalaman sinematik audio yang imersif ke dalam (jenis) stereo apa pun, pencipta karya bisa membawa penonton ke dalam cerita yang terjadi, apa pun perangkat yang digunakan untuk menonton Netflix,” demikian dikutip KompasTekno dari situs resmi Netflix, Selasa (12/7/2022).

Menurut Sennheiser, yang selama ini sudah melakukan berbagai riset dan inovasi khusus di sektor audio, Audio Spatial 2-Channel AMBEO yang diterapkan Netflix tidak akan menghilangkan suara asli dari film/series di Netflix.

Hal ini dilakukan untuk menghormati pencipta karya, dan hanya bertujuan untuk “memperindah” elemen audio dan memperjelas audio, tidak bertujuan mengalahkan suara asli dari produk tersebut.

“Pemrosesan ini sejalan dengan reputasi Sennheiser untuk menghadirkan alat yang 'transparan' dan tidak mengganggu suara asli (film/acara di Netflix). Sennheiser 2-Channel Spatial Audio berusaha menjemahkan maksud mixer (alat pengatur suara), bukan untuk mengalahkannya,” jelas Dr. Renato Pellegrini dari AMBEO Sennheiser.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TechCrunch


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.