Apa itu Fitur SpO2 di Smartband dan Smartwatch?

Kompas.com - 12/07/2022, 15:14 WIB

KOMPAS.com - Produk arloji pintar (smartwatch) dan gelang pintar (smartband) menghadirkan berbagai fitur dan keunggulan. Salah satunya yang cukup sering ditonjolkan dari smartwatch dan smartband adalah fitur SpO2-nya.

Sebagai contoh, produk-produk yang memiliki fitur SpO2 antara lain Apple Watch Series 6, Samsung Watch 3, Xiaomi Watch S1, Mi Smart Band 6, Huawei Band 7, Oppo Band, dan masih banyak lagi.

Dari contoh produk di atas, dapat disimpulkan kalau hampir seluruh arloji dan gelang pintar yang diperjualbelikan memiliki fitur SpO2. Adapun, penggunaan dari fitur ini sering dikaitkan dengan aktivitas olahraga, renang, dan sebagainya.

Baca juga: Smartwatch Bisa Cek Oksigen Darah untuk Deteksi Happy Hipoxia, Akuratkah?

Sejumlah pengguna mungkin bertanya-tanya, apa sebenarnya fitur SpO2 di smartwatch itu? Lalu, apa manfaat dan pentingnya fitur fitur SpO2 tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian SpO2

Sesuai dengan namanya “SpO2”, terdapat dua kata singkatan di dalam fitur tersebut. Pertama “Sp” merupakan saturasi (S) perifer (p), sedangkan O2 adalah rumus kimia dari gas oksigen.

Ringkasnya, SpO2 sendiri dijadikan sebagai salah satu alat pengukuran saturasi oksigen di dalam tubuh, yang nantinya akan ditampilkan melalui smartwatch ataupun smartband yang dipakai pengguna.

Saturasi oksigen yang diukur berguna untuk memberitahu pengguna persentase dari pengikatan sel darah merah (hemoglobin) di dalam aliran darah.

Molekul darah ini, yakni hemoglobin, berfungsi untuk membawa oksigen beredar mengelilingi tubuh manusia melalui pembuluh darah. Jadi, fitur SpO2 nantinya akan menunjukkan metrik dari jumlah oksigen yang dimiliki dan dibawa dalam aliran darah.

Menurut jurnal National Library of Medicine yang berjudul Oxygen Saturation, peran dari saturasi oksigen ini sangat penting untuk tubuh. Hal ini dikarenakan kadar oksigen dalam tubuh berpengaruh pada kinerja jantung, ginjal, hingga otak.

Baca juga: Aplikasi Android Pengukur Saturasi Oksigen, Bisakah Diandalkan?

Oleh karena itu, adanya sensor pengecekan saturasi dalam smartwatch dan smartband memiliki peran yang penting juga. Akan tetapi, sensor tersebut hanya dapat mengukur tingkat saturasi oksigen darah pada pergelangan tangan pengguna saja.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.