Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Perlu Meletakkan iPhone dengan Posisi Layar Menghadap Bawah?

Kompas.com - Diperbarui 13/07/2022, 10:55 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa dari Anda mungkin pernah melihat sebagian pengguna meletakkan iPhone miliknya di atas meja dengan posisi layar terbalik atau menghadap ke bawah (face down). Kebiasaan semacam ini dilakukan bukan tanpa alasan.

Perlu diketahui, dalam meletakkan iPhone, setidaknya terdapat dua kebiasaan yang jamak dijumpai, yakni meletakkan dengan layar menghadap atas dan menghadap bawah.

Baca juga: Cara Menggunakan Offload Unused Apps buat Hemat Memori iPhone

Adapun pada kebiasaan meletakkan iPhone dengan layar menghadap bawah, biasanya dilakukan dengan tujuan untuk melindungi cat bezel kamera belakang agar tidak cepat mengelupas atau tergores.

Sebagaimana umum diketahui, bezel kamera belakang pada beberapa seri iPhone saat ini punya desain yang tidak rata dengan body alias sedikit menonjol ke luar. Dengan desain tersebut, bezel kamera belakang bisa bergesekan dengan permukaan kasar di meja.

Gesekan itulah yang mungkin dihindari oleh sebagian pengguna, sehingga memilih untuk meletakkan iPhone miliknya di atas meja dengan posisi layar terbalik.

Selain itu, meletakkan iPhone dengan layar terbalik biasanya juga ditujukan untuk melindungi kaca pelapis kamera belakang agar tidak tergores akibat bergesekan langsung dengan permukaan kasar.

Dua alasan tersebut tidak menutup kemungkinan adanya pertimbangan-pertimbangan lain yang mendorong kebiasaan pengguna untuk meletakkan iPhone dengan gaya tertentu. Tiap pengguna sangat mungkin punya preferensi cara meletakkan iPhone yang berbeda.

Apple sendiri tidak memiliki saran khusus pada pengguna tentang cara meletakkan iPhone yang benar. Dikutip dari laman resmi Apple, dalam memperlakukan iPhone, pengguna hanya diberi peringatan untuk menjauhi beberapa tindakan yang berbahaya.

Contohnya, seperti menjatuhkan, membakar, atau menusuk iPhone. Tindakan seperti itu bisa merusak komponen iPhone. Kemudian, Apple juga menyarankan untuk menggunakan case bila pengguna bila khawatir iPhone miliknya tergores.

Dari peringatan tersebut, berarti meletakkan iPhone dengan cara apa pun diperbolehkan, termasuk meletakkan dengan layar menghadap atas maupun bawah, asal tidak melakukan tindakan yang berbahaya seperti contoh di atas.

Namun, pada alasan kebiasaan meletakkan iPhone dengan layar terbalik yang telah dipaparkan sebelumnya, bisa menjadi kurang relevan bila iPhone telah dipasang dengan case yang memadai.

Kebanyakan case iPhone saat ini biasanya sudah terdapat bantalan karet untuk melindungi bezel kamera belakang. Dengan desain case seperti itu, idealnya bisa meminimalisir kekhawatiran pengguna akan goresan yang dapat terjadi di bagian kamera belakang.

Baca juga: Benarkah iPhone Sebaiknya Dicas Tak Lebih dari 80 Persen?

Saat terpasang case, asumsinya pengguna tak perlu lagi harus khawatir meletakkan iPhone di meja dengan posisi layar menghadap atas. Bantalan karet pada case akan melindungi bezel kamera belakang dari permukaan yang kasar.

Alasan meletakkan iPhone dengan layar menghadap bawah

Sementara itu, sejatinya terdapat alasan lain mengapa perlu meletakkan iPhone dengan layar menghadap bawah, di samping untuk melindungi bagian kamera belakang.

Kebiasaan meletakkan iPhone dengan layar menghadap bawah bisa cukup berguna untuk membantu menghemat daya baterai. Mulai dari iOS 9 dan seterusnya, iPhone dibekali fitur Facedown Detection.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com