Mengapa Perlu Meletakkan iPhone dengan Posisi Layar Menghadap Bawah?

Kompas.com - Diperbarui 13/07/2022, 10:55 WIB

KOMPAS.com - Beberapa dari Anda mungkin pernah melihat sebagian pengguna meletakkan iPhone miliknya di atas meja dengan posisi layar terbalik atau menghadap ke bawah (face down). Kebiasaan semacam ini dilakukan bukan tanpa alasan.

Perlu diketahui, dalam meletakkan iPhone, setidaknya terdapat dua kebiasaan yang jamak dijumpai, yakni meletakkan dengan layar menghadap atas dan menghadap bawah.

Baca juga: Cara Menggunakan Offload Unused Apps buat Hemat Memori iPhone

Adapun pada kebiasaan meletakkan iPhone dengan layar menghadap bawah, biasanya dilakukan dengan tujuan untuk melindungi cat bezel kamera belakang agar tidak cepat mengelupas atau tergores.

Sebagaimana umum diketahui, bezel kamera belakang pada beberapa seri iPhone saat ini punya desain yang tidak rata dengan body alias sedikit menonjol ke luar. Dengan desain tersebut, bezel kamera belakang bisa bergesekan dengan permukaan kasar di meja.

Gesekan itulah yang mungkin dihindari oleh sebagian pengguna, sehingga memilih untuk meletakkan iPhone miliknya di atas meja dengan posisi layar terbalik.

Selain itu, meletakkan iPhone dengan layar terbalik biasanya juga ditujukan untuk melindungi kaca pelapis kamera belakang agar tidak tergores akibat bergesekan langsung dengan permukaan kasar.

Dua alasan tersebut tidak menutup kemungkinan adanya pertimbangan-pertimbangan lain yang mendorong kebiasaan pengguna untuk meletakkan iPhone dengan gaya tertentu. Tiap pengguna sangat mungkin punya preferensi cara meletakkan iPhone yang berbeda.

Apple sendiri tidak memiliki saran khusus pada pengguna tentang cara meletakkan iPhone yang benar. Dikutip dari laman resmi Apple, dalam memperlakukan iPhone, pengguna hanya diberi peringatan untuk menjauhi beberapa tindakan yang berbahaya.

Contohnya, seperti menjatuhkan, membakar, atau menusuk iPhone. Tindakan seperti itu bisa merusak komponen iPhone. Kemudian, Apple juga menyarankan untuk menggunakan case bila pengguna bila khawatir iPhone miliknya tergores.

Dari peringatan tersebut, berarti meletakkan iPhone dengan cara apa pun diperbolehkan, termasuk meletakkan dengan layar menghadap atas maupun bawah, asal tidak melakukan tindakan yang berbahaya seperti contoh di atas.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.