Pasar Smartphone Lesu, Samsung Tetap Nomor Satu

Kompas.com - 12/07/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Meski pandemi mulai mereda dibanding tahun 2020, pengiriman smartphone pada kuartal I-2022 di seluruh dunia masih tercatat merosot.

Firma riset International Data Corporation (IDC) dalam laporannya menunjukkan pengiriman smartphone global pada kuartal I-2022, turun 8,8 persen dibanding tahun 2021.

Menurut catatatan IDC, penurunan pengiriman ponsel kali ini menandai ketiga kalinya selama tiga kuartal berturut-turut.

Pada kuartal I-2022, jumlah pengiriman smartphone tercatat turun jadi 314,4 juta unit. Angka ini lebih rendah 3,5 persen ketimbang prediksi IDC pada Februari lalu.

Baca juga: IDC: Samsung Vendor Ponsel Nomor Satu di Indonesia

Sebagai pembanding, pada kuartal I-2021, IDC mencatat pengiriman smartphone sejumlah 345,5 juta unit.

Penurunan pada periode Januari-Maret 2022 ini dinilai IDC disebabkan oleh kendala pasokan dan logistik yang masih berlangsung akibat pandemi. Selain itu, sentimen negatif terkait pertumbuhan ekonomi juga dinilai turut berdampak pada menurunnya belanja konsumen.

"Sentimen konsumen di semua wilayah terutama di China cukup negatif karena kekhawatiran akan inflasi dan ketidakstabilan ekonomi yang mengurangi pengeluaran belanja konsumen," kata Direktur Riset IDC, Nabila Popal

"Belum lagi biaya komponen dan transportasi yang meningkat serta lockdown di Shanghai yang semakin memperburuk situasi. Selain itu, invasi Rusia ke Ukraina juga berdampak pada pengiriman smartphone di wilayah tersebut," imbuhnya.

Baca juga: IDC: 5 Besar Vendor Smartphone di Indonesia 2021, Oppo Teratas

Polemik politik Rusia-Ukraina berdampak pada penurunan pengiriman smartphone yang kedua wilayah tersebut dan seluruh Eropa Timur.

Lebih rinci, pengiriman smartphone di wilayah Eropa Tengah dan Timur turun hampir 20 persen selama kuartal I-2022. Adapun prospek ke depannya masih belum dapat dipastikan.

Halaman:
Sumber IDC


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.