Google Mulai Gulirkan Google Duo Versi Baru Setelah Dilebur dengan Meet

Kompas.com - 13/07/2022, 09:04 WIB

KOMPAS.com - Bulan lalu, Google mengumumkan akan menggabung aplikasi panggilan video Google Duo dan Google Meet. Setelah digabung, aplikasi Duo dan Meet nantinya akan diberi nama "Google Meet".

Sedangkan aplikasi Google Meet versi lama, nantinya akan berubah nama menjadi "Meet Original".

Rencananya, peleburan dua aplikasi itu akan berlaku akhir tahun 2022. Namun, tampaknya Google sudah mulai menggulirkan pembaruan untuk Google Duo dan Google Meet versi baru setelah digabung.

Baca juga: Google Meet dan Duo Dilebur, Seperti Apa Jadinya?

Menurut laporan 9to5Google, beberapa pengguna dilaporkan sudah mendapati pembaruan aplikasi untuk Google Duo di ponsel Android.

Pembaruan itu muncul di aplikasi Google Duo versi 169.0.459621665. Nantinya, di halaman utama Duo, terdapat pemberitahuan berjudul “Duo is getting even better”. Pesan pengumuman tersebut berisi kalau aplikasi Duo di dalam perangkat akan diubah menjadi Meet dengan nama, ikon, dan fitur-fitur baru.

"Aplikasi "Duo" akan berubah menjadi "Meet" dengan nama dan ikon yang baru, serta fitur-fitur lain seperti efek latar belakang," begitu penggalan bunyi pengumuman tersebut.

Ketika Floating Action Button (FAB) atau pesan pop-up diklik, akan muncul beberapa fitur, seperti “Create a New Meeting” dan “Schedule in Google Calendar”, yang sebelumnya ada di Google Meet.

Baca juga: Fitur Baru Google Meet Bisa Pantau Peserta Meeting yang Datang Terlambat

Fitur pertama memudahkan pengguna untuk langsung membuat panggilan atau pertemuan secara instan.

Sedangkan fitur kedua, memungkinkan pengguna untuk membuat jadwal pertemuan tertentu. Nantinya, jadwal tersebut akan langsung terintegrasi dengan aplikasi Google Calendar.

Sebaliknya, jika pengguna membuat jadwal pertemuan melalui Meet versi desktop, jadwal tersebut akan muncul di kolom “Meetings” Google Duo dan sekaligus tercantum di Google Calendar.

Tampilan dan fitur baru dari Google Duo (Sumber: 9to5Google)9to5Google Tampilan dan fitur baru dari Google Duo (Sumber: 9to5Google)

Halaman:
Sumber 9to5Google


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.