6 Cara Mendapatkan Centang Biru di TikTok yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 13/07/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Selayaknya beberapa platform media sosial yang umum dipakai saat ini, seperti Twitter atau Instagram, TikTok juga memiliki fitur Verified Badge atau Lencana Terverifikasi.

Bentuk dari fitur Lencana Terverifikasi TikTok juga mirip dengan dua platform media sosial tersebut, yakni berupa ikon centang biru. Ikon tersebut biasanya terletak di samping kanan handle (nama akun pengguna) TikTok.

Baca juga: Link dan Cara Melihat Live TikTok Follower Count dengan Mudah

Dengan adanya ikon centang biru, berarti sebuah akun tertentu telah memiliki Lencana Terverifikasi TikTok. Sebagian pengguna mungkin sudah tak asing lagi dengan keberadaan ikon centang biru di TikTok tersebut.

Umumnya, ikon centang biru di TikTok bisa dilihat pada akun pengguna milik seorang tokoh publik, artis, dan sebagainya. Kendati telah umum ditemukan atau dijumpai, namun tahukah apa gunanya centang biru di TikTok?

Dikutip dari laman resmi dukungan TikTok, ikon centang biru tersebut berfungsi untuk memudahkan pengguna mengetahui keaslian dari sebuah akun yang diikutinya.

Ketika sebuah akun telah memiliki Lencana Terverifikasi dengan terdapat ikon centang biru, berarti isi konten di dalamnya merupakan autentik milik atau buatan pengguna yang diwakili lewat akun tersebut.

Jadi, ikon centang biru di TikTok secara langsung berguna untuk membedakan antara akun asli, akun palsu, atau akun penggemar. Lantas, bagaimana cara agar centang biru di TikTok?

Untuk mendapatkan Lencana Terverifikasi berupa ikon centang biru, TikTok menerapkan beberapa syarat yang perlu dipenuhi oleh sebuah akun.

Syarat centang biru di TikTok secara garis besar meliputi faktor keaslian, keunikan, dan keaktifan dari sebuah akun. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah enam cara mendapatkan centang biru di TikTok.

Cara mendapatkan centang biru di TikTok

  • Akun harus aktif setidaknya dalam enam bulan terakhir
  • Akun harus autentik mewakili pengguna yang sebenarnya. Jika akun merupakan milik badan bisnis atau perusahaan, domain alamat e-mail yang digunakan harus mewakili nama asli dari badan bisnis tersebut.
  • Akun secara visibilitas harus diatur sebagai publik, yang profilnya telah dilengkapi dengan informasi bio, nama, foto, dan minimal memiliki satu video.
  • Akun harus mengaktifkan sistem keamanan autentikasi dua faktor untuk menjamin keasliannya.
  • Akun setidaknya harus terkenal dan kredibel dengan pertimbangan pernah ditampilkan atau diulas di berbagai sumber berita.

Dari syarat di atas, dapat diketahui bahwa TikTok tidak memberikan informasi yang spesifik mengenai seberapa banyak pengikut atau follower yang wajib dimiliki sebuah akun, supaya bisa mendapatkan Lencana Terverifikasi.

Syarat centang biru TikTok itu tampak cenderung lebih mempertimbangkan faktor kredibilitas, ketimbang hanya faktor popularitas dari sebuah akun. Sebagai informasi tambahan, ikon centang biru yang telah diperoleh sebuah akun juga bisa dihapus oleh TikTok.

Baca juga: Cara Daftar TikTok Affiliate untuk Cari Uang Tambahan

Penghapusan itu secara umum bisa terjadi karena terdapat perpindahan pemilik akun dan ditemukan pelanggaran atas kebijakan TikTok. Itulah informasi seputar cara mendapatkan centang biru di TikTok dengan memenuhi beberapa syarat tertentu, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.