Cara Menggunakan Aplikasi CapCut buat Edit Video Tiktok dengan Mudah

Kompas.com - 13/07/2022, 18:15 WIB

KOMPAS.com- Sebagian dari Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan aplikasi edit video CapCut. Aplikasi ini memiliki fitur edit video yang cukup lengkap, seperti memotong frame, menambahkan efek, memasukkan audio, dan sebagainya.

Dengan fitur-fitur tersebut, tak heran bila sebagian pengguna memanfaatkan CapCut untuk mengedit video yang bakal diunggah ke media sosial seperti TikTok. Pasalnya, terdapat beberapa fitur edit video yang tidak terdapat di TikTok, namun tersedia di CapCut.

Baca juga: Cara Mendapat dan Menukarkan Poin TikTok Jadi Saldo Dana dengan Mudah

Misalnya seperti fitur Adjust, yang berfungsi untuk mengatur atau menyesuaikan secara manual tingkat kecerahan, kontras, saturasi warna, serta eksposur video. Selain, terdapat pula fitur untuk menghapus latar belakang dari frame video secara otomatis.

Untuk mengedit video TikTok di CapCut, pengguna perlu mengunduh dulu aplikasinya di Google Play Store (untuk Android) atau App Store (untuk iOS). Setelah CapCut terinstal di ponsel, berikut adalah cara untuk menggunakannya.

Cara menggunakan CapCut untuk edit video TikTok

  • Buka aplikasi CapCut, lalu pilih menu “Edit” dan klik opsi “New Project” atau “Proyek Baru”.
  • Selanjutnya, pilih video dari galeri yang hendak diedit dan diunggah ke TikTok nantinya.
  • Di halaman pengeditan video, Anda bakal menjumpai sejumlah menu yang terdiri dari “Edit”, “Audio”, “Teks”, “Stiker”, “Overlay”, “Efek”, “Filter”, “Format”, “Kanvas”, dan “Adjust”.
  • Tiap nama menu mewakili fungsi dari fitur CapCut.
  • Misalnya, bila ingin menambahkan tulisan pada video maka silakan akses menu “Teks”. Kemudian, jika ingin menambahkan animasi pada video maka bukalah menu “Efek”.
  • Setelah selesai mengedit video, klik ikon panah atas untuk mengakses menu “Ekspor” yang berada di pojok kanan atas layar aplikasi.
  • Apabila proses ekspor telah selesai, klik opsi “Simpan Video” atau bisa juga langsung dibagikan ke TikTok dengan klik opsi “Bagikan ke TikTok”.

Ilustrasi cara menggunakan CapCut untuk edit video TikTok.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menggunakan CapCut untuk edit video TikTok.

Bila proses mengedit video TikTok di CapCut dirasa terlalu rumit, pengguna dapat memanfaatkan fitur Template. Dengan fitur itu, pengguna bisa mengedit video miliknya menggunakan format yang dibuat oleh pengguna lain secara langsung.

Lantas, bagaimana cara menggunakan Template di CapCut? Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

Baca juga: Trik Streaming Musik Sambil Main TikTok di HP Samsung Agar Suara Tak Bertabrakan

Cara menggunakan Template di CapCut

  • Buka aplikasi CapCut, lalu pilih menu “Template”.
  • Cari dan pilih format video dari koleksi yang tersedia.
  • Kemudian, klik opsi “Gunakan Templat”.
  • Setelah itu, masukkan video dari galeri ponsel yang hendak menggunakan format tersebut.
  • Selanjutnya, klik opsi “Pratinjau” dan “Ekspor.

Ilustrasi cara menggunakan Template di CapCut.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menggunakan Template di CapCut.

Baca juga: Apa Itu Blackout Challenge yang Bikin TikTok Digugat?

Cukup mudah bukan? Sebagai informasi tambahan, cara di atas dijajal pada ponsel berbasis iOS 15.5. Beda wadah untuk mengakses mungkin bakal beda pula letak opsinya. Itulah cara menggunakan CapCut untuk edit video TikTok, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.