Nikon Tak Lagi Kembangkan Kamera DSLR, Benarkah?

Kompas.com - Diperbarui 14/07/2022, 10:12 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan lensa dan kamera asal Jepang Nikon dikabarkan tak akan lagi memproduksi model terbaru dari seri kamera digital single lens reflex (DSLR).

Alih-alih demikian, produk terbaru Nikon di masa depan nantinya akan fokus ke kamera seri mirrorless saja.

Setidaknya begitu menurut laporan Nikkei, dan beberapa outlet media lain. Rumor tersebut mencuat karena Nikon tak lagi merilis kamera DSLR terbaru sejak Nikon D6 dirilis pada Juni 2020 lalu.

Baca juga: Tak Ada Lagi Kamera Nikon Buatan Jepang

Meski tak meluncurkan produk terbaru dari kategori kamera DSLR, Nikon disebut tetap akan memproduksi kamera DSLR yang sudah ada di pasaran, macam Nikon D6 hingga D3500.

Menanggapi laporan tersebut, pihak Nikon langsung angkat bicara. Dalam sebuah pernyataan di blog resmi Nikon, mereka mengatakan bahwa laporan yang beredar di media itu tidak benar.

"Laporan yang tersebar di internet itu hanyalah spekulasi semata dan Nikon hingga saat ini tidak memiliki pengumuman terkait mundurnya kami dari bisnis kamera DSLR," ujar Nikon.

Nikon sebenarnya tidak membenarkan atau menepis soal hengkangnya perusahaan asal Jepang itu dari pasar DSLR. Mereka hanya mengonfirmasi bahwa pihaknya akan terus memproduksi kamera DSLR dalam beberapa waktu ke depan.

Baca juga: Nikon Keluar dari Indonesia, Alarm Kondisi Pasar Kamera Kita?

Belum diketahui apakah kamera DSLR yang disebut Nokon ini merupakan model baru atau hanya model lama yang sudah diluncurkan Nikon sejauh ini, sebagaimana disebut pada laporan di atas.

"Kami memastikan untuk saat ini Niko akan terus memproduksi, sekaligus menghadirkan dukungan dan layanan perbaikan untuk produk kamera DSLR kami," imbuh Nikon.

Nikon di industri kamera profesional

Ilustrasi kamera mirrorless Nikon Z fc yang bergaya retro, ala kamera SLR analogNikon Ilustrasi kamera mirrorless Nikon Z fc yang bergaya retro, ala kamera SLR analog

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.