Kompas.com - 14/07/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Belakangan ini, pengguna Instagram ramai-ramai mencantumkan link NGL di Instagram Stories (IG Stories) miliknya.

Melalui NGL link yang dibagikan, pengguna bisa saling mengirim pesan rahasia tanpa mencantumkan nama. NGL Link Instagram itu sendiri dibuat dengan aplikasi bernama "NGL:anonymous q&a".

Namun, di tengah popularitasnya yang melejit, aplikasi NGL dan beberapa pesaingnya, seperti Sendit, diduga melakukan penipuan.

NGL, Sendit, dan aplikasi sejenisnya dituduh menggunakan bot untuk mendorong keterlibatan pengguna di aplikasi. Namun belum diketahui apakah praktik pertanyaan bot untuk memancing pengguna premium ini juga dilakukan di Indonesia atau tidak.

Menurut laporan TechCrunch, bot ini bertugas untuk memberikan pertanyaan otomatis pada pengguna.

Baca juga: Cara Membuat NGL Link Instagram yang Sedang Viral di IG Stories

Hal ini menjadi masalah. Pasalnya, aplikasi NGL dan sejenisnya menjanjikan interaksi sosial "anonim" dalam bentuk tanya jawab dari teman online.

Karena anonim, pengguna kemungkinan besar penasaran terkait orang yang yang mengiriminya pertanyaan anonim itu.

Nah, aplikasi NGL kemudian memonetisasi layanannya dengan menawarkan fitur premium berupa petunjuk nama pengirim pesan, sehingga dapat mengetahui identitas dan lokasi si pengirim pesan.

Fitur premium NGL ini berbayar mulai dari harga 1,99 dollar AS hingga 9,99 dollar AS (sekitar Rp 29.800 hingga Rp 150.000).

Masalahnya, NGL dan aplikasi sejenisnya dituduh menggunakan bot untuk memberikan pertanyaan otomatis pada pengguna.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.