Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube "Lofi Girl" Bisa Diputar Lagi Setelah Ditangguhkan dan Berhenti Streaming

Kompas.com - 14/07/2022, 14:02 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Saluran Youtube "Lofi Girl" belum lama ini berhenti streaming karena laporan hak cipta (copyright). Penangguhan dilakukan tanggal 10 Juli lalu.

Kini, kanal YouTube Lofi Girl sudah kembali dan bisa diputar lagi secara live streaming. Dari pantauan KompasTekno Lofi Girl sudah kembali normal.

Lofi Girl merupakan kanal YouTube yang menyiarkan musik lo-fi secara live streaming. Kanal ini menawarkan dua jenis video, yaitu "lofi hip hop radio - beats to relax/study to" yang didedikasikan untuk menyajikan musik Lo-fi yang cocok didengarkan saat bersantai dan belajar.

Sementara satu video lainnya yang berjudul "lofi hip hop radio - beats to sleep/chill to" berisi koleksi soundtrack penghantar tidur.

Baca juga: YouTube Lofi Girl Berhenti Streaming gara-gara Klaim Palsu dari Malaysia

Youtube mengembalikan kanal Lofi Girl pada 11 Juli setelah memastikan bahwa laporan hak cipta yang diajukan label rekaman itu disalahgunakan. Youtube kemudian memulihkan dua video Lofi Girl yang ditangguhkan, meskipun proses pemulihannya bisa sampai 48 jam.

"Kami sudah menyelesaikan laporan dan memulihkan video Anda, namun terkadang diperlukan waktu 24-48 jam agar semuanya kembali normal! Kami sangat menyayangkan hal ini terjadi, dan terimakasih atas kesabaran Anda selama kami menyelesaikannya," tulis Youtube melalui akun Twitternya.

Minta Youtube perketat aturan

Sebelumnya, kanal YouTube Lofi Girl ditangguhkan setelah ada klaim hak cipta dari label rekaman FMC Music Sdn Bhd Malaysia.

Insiden ini bukan kali pertama dialami oleh Lofi Girl, bahkan dengan penyebab yang sama, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (14/7/2022). Misalnya pada tahun 2020, kanal Lofi Girl ditutup karena dinilai melanggar persyaratan platform, namun kemudian dipulihkan lagi karena alasan "kekeliruan" Youtube.

Baca juga: Pengguna iPhone dan iPad Kini Bisa Nonton YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain

Oleh karena itu, Lofi Girl menanggapi twit Youtube dan mengeluhkan sistem platform berbagi video itu memungkinkan adanya klaim palsu dengan mudah.

"Kami heran dan kecewa bahwa masih belum ada perlindungan atau tinjauan manual apapun dari klaim palsu ini. Pada akhirnya, itu sepenuhnya di luar kendali kami, dan yang menyedihkan adalah tidak ada cara untuk mengajukan banding agar mencegah itu terjadi," tulis Lofi Girl di Twitter dengan handle @lofigirl.

"Kami berharap Youtube mempertimbangkan perubahan sistem laporan hak cipta guna mencegah situasi seperti itu terulang kembali, dan melindungi semua kreator konten selamanya dari ancaman ini," imbuhnya.

Baca juga: Ketika YouTube Labeli Video Horor “Aman untuk Anak”...

Perlu diketahui, YouTube memiliki sistem bernama Content ID. Sistem otomatis ini memungkinkan pemilik hak cipta mengindentifikasi video di YouTube yang menyertakan konten dengan hak cipta tersebut.

Masalahnya, sistem otomatis Content ID di YouTube ini dilaporkan bermasalah sejak lama. Inilah yang dialami oleh kanal YouTube Lofi Girl. FMC Music Sdn Bhd Malaysia mengeklaim hak cipta yang salah ke video Lofi Girl.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com