Ramai Scan E-KTP di Instagram Bisa Timbul Hologram, Begini Cara Membuatnya

Kompas.com - 14/07/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan di Instagram, tampak tengah diramaikan dengan sejumlah video Reels yang menunjukkan hologram hasil pemindaian atau scan bagian belakang kartu identitas e-KTP (Kartu Tanda Penduduk elektronik).

Contoh video Reels dengan konten yang tengah ramai diperbincangkan tersebut, salah satunya bisa dilihat lewat unggahan dari akun ber-handle @yoelsiagian, sebagaimana tertera pada cuplikan di bawah ini.

Baca juga: Cara Bikin Spotify Bercahaya yang Tengah Ramai di Twitter

Dalam video yang telah ditonton sebanyak 15 juta kali itu, akun tersebut menunjukkan adanya hologram atau gambar 3D yang bisa muncul dari bagian belakang e-KTP lewat kamera Instagram.

Pada hologram e-KTP Instagram itu, setidaknya terdapat beberapa informasi yang juga ditampilkan, seperti informasi tentang peta negara Indonesia, informasi bendera Merah Putih, dan informasi tentang lambang Garuda.

Berdasarkan penelusuran KompasTekno, bagian belakang e-KTP timbul hologram di Instagram dapat terjadi lantaran memanfaatkan fitur filter.

Sebagaimana umum diketahui, filter Instagram sendiri berfungsi untuk menambahkan efek animasi pada objek yang ditampilkan pengguna di depan kamera saat membuat video.

Efek animasi dari fitur filter itulah yang membuat akhirnya hologram bisa muncul pada bagian belakang e-KTP lewat kamera di Instagram. Adapun nama filter yang bisa membuat efek seperti itu adalah “e-KTP Project“ buatan Purpose Team Studio.

Jadi, bila Anda ingin mencoba memunculkan hologram dari bagian belakang e-KTP di Instagram, langkah awal yang perlu dilakukan adalah menambahkan dulu filter e-KTP Project.

Untuk cara menambahkan filter e-KTP Project di Instagram, silakan simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: Link dan Cara Main Tes Usia Mental yang Tengah Viral di Medsos

Cara menambahkan filter e-KTP Project di Instagram

  • Buka aplikasi Instagram Anda.
  • Kemudian, klik ikon tambah yang berada di halaman beranda untuk mulai membuat Story.
  • Selanjutnya, geser filter di tombol perekaman video hingga menemukan opsi “Telusuri Efek”.
  • Pilih opsi tersebut dan masukkan kata kunci “e-KTP Project” di kolom pencarian.
  • Bila filter e-KTP Project telah muncul silakan klik opsi untuk simpan.

Ilustrasi cara menambahkan filter e-KTP Project di Instagram.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menambahkan filter e-KTP Project di Instagram.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.