Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Scan E-KTP di Instagram Bisa Timbul Hologram, Begini Cara Membuatnya

Kompas.com - 14/07/2022, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan di Instagram, tampak tengah diramaikan dengan sejumlah video Reels yang menunjukkan hologram hasil pemindaian atau scan bagian belakang kartu identitas e-KTP (Kartu Tanda Penduduk elektronik).

Contoh video Reels dengan konten yang tengah ramai diperbincangkan tersebut, salah satunya bisa dilihat lewat unggahan dari akun ber-handle @yoelsiagian, sebagaimana tertera pada cuplikan di bawah ini.

Baca juga: Cara Bikin Spotify Bercahaya yang Tengah Ramai di Twitter

Dalam video yang telah ditonton sebanyak 15 juta kali itu, akun tersebut menunjukkan adanya hologram atau gambar 3D yang bisa muncul dari bagian belakang e-KTP lewat kamera Instagram.

Pada hologram e-KTP Instagram itu, setidaknya terdapat beberapa informasi yang juga ditampilkan, seperti informasi tentang peta negara Indonesia, informasi bendera Merah Putih, dan informasi tentang lambang Garuda.

Berdasarkan penelusuran KompasTekno, bagian belakang e-KTP timbul hologram di Instagram dapat terjadi lantaran memanfaatkan fitur filter.

Sebagaimana umum diketahui, filter Instagram sendiri berfungsi untuk menambahkan efek animasi pada objek yang ditampilkan pengguna di depan kamera saat membuat video.

Efek animasi dari fitur filter itulah yang membuat akhirnya hologram bisa muncul pada bagian belakang e-KTP lewat kamera di Instagram. Adapun nama filter yang bisa membuat efek seperti itu adalah “e-KTP Project“ buatan Purpose Team Studio.

Jadi, bila Anda ingin mencoba memunculkan hologram dari bagian belakang e-KTP di Instagram, langkah awal yang perlu dilakukan adalah menambahkan dulu filter e-KTP Project.

Untuk cara menambahkan filter e-KTP Project di Instagram, silakan simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: Link dan Cara Main Tes Usia Mental yang Tengah Viral di Medsos

Cara menambahkan filter e-KTP Project di Instagram

  • Buka aplikasi Instagram Anda.
  • Kemudian, klik ikon tambah yang berada di halaman beranda untuk mulai membuat Story.
  • Selanjutnya, geser filter di tombol perekaman video hingga menemukan opsi “Telusuri Efek”.
  • Pilih opsi tersebut dan masukkan kata kunci “e-KTP Project” di kolom pencarian.
  • Bila filter e-KTP Project telah muncul silakan klik opsi untuk simpan.

Ilustrasi cara menambahkan filter e-KTP Project di Instagram.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menambahkan filter e-KTP Project di Instagram.

Setelah filter tersebut tersimpan, Anda kini mulai bisa menggunakannya untuk membuat video dengan memindai e-KTP bagian belakang agar muncul hologram. Untuk cara menggunakan filter e-KTP Project di Instagram, begini penjelasannya.

Cara menggunakan filter e-KTP Project di Instagram

  • Klik ikon tambah yang berada di halaman beranda aplikasi Instagram untuk mulai membuat Story atau Reels.
  • Pilih filter e-KTP Project yang berada di samping tombol perekaman video.
  • Arahkan kamera Instagram ke bagian belakang e-KTP dan mulai lakukan perekaman video.
  • Proses pemindaian objek (bagian belakang e-KTP) bakal berjalan.
  • Bila pemindaian berhasil maka bakal muncul hologram dari bagian belakang e-KTP, dengan terdapat beberapa informasi seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Ilustrasi cara menggunakan filter e-KTP Project di Instagram.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menggunakan filter e-KTP Project di Instagram.

Baca juga: Link dan Cara Main Game Countryle yang Ramai Dibagikan di Twitter

Cukup mudah bukan? Sebagai informasi tambahan, cara di atas dijajal pada ponsel dengan sistem operasi iOS 15.5. Beda wadah untuk mengakses, mungkin bakal beda pula letak opsinya.

Demikian penjelasan mengenai cara menambah dan menggunakan filter e-KTP Project di Instagram, yang kini tengah ramai diperbincangkan, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com