Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony dan Western Digital Resmi Luncurkan SSD Khusus PlayStation 5

Kompas.com - 14/07/2022, 19:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber wccftech

KOMPAS.com - Sudah menjadi rahasia umum bahwa semakin bagus kualitas visual game yang kita mainkan, maka semakin besar pula ukuran (file size) game tersebut.

Game Call of Duty: Black Ops Cold War, misalnya, memiliki file size sebesar 225 GB, sehingga pemain harus menyisakan sisa ruang penyimpanan (storage) lebih dari 225 GB.

Nah, ukuran game ini mungkin bisa menjadi masalah di konsol PlayStation 5 (PS5) yang "hanya" memiliki storage sebesar 825 GB.

Baca juga: PC Windows Wajib Pakai SSD Mulai 2023?

Untuk mengatasi masalah tersebut, Sony berkolaborasi dengan pabrikan memori Western Digital (WD) untuk meluncurkan storage berjenis solid state drive (SSD) khusus untuk PS5 dengan nama "WD_Black SN850 NVMe M.2 SSD for PS5" (SN850).

SSD SN850 hadir dalam dua varian kapasitas, yaitu 1 TB dan 2 TB. Sony dan Western Digital mengeklaim bahwa SSD ini telah teruji dan cocok untuk mesin PS5. Dengan begitu, pengguna tak perlu khawatir akan isu kompatibilitas yang mungkin muncul ketika memasang SSD.

Di atas kertas, SSD dengan lisensi khusus PS5 ini memiliki kecepatan membaca data (read speed) hingga 7.000 MB/s dan kecepatan menulis data (write speed) hingga 5.300 MB/s.

Dengan kecepatan ini Sony dan WD mengeklaim SSD tersebut bisa menjalankan dan memuat aneka game PS5 dengan lancar tanpa hambatan.

Baca juga: AMD Bikin PlayStation 5 Versi PC

SSD SN850 yang sudah dipasangkan di PS5.Western Digital SSD SN850 yang sudah dipasangkan di PS5.

Perlu dicatat, meski ditujukan khusus untuk PS5, SSD yang dibekali dengan logo "Sony PlayStation" ini hanya mendukung PS5 yang sudah memiliki software dengan versi 21.02-04.00.00 atau yang paling baru.

Selain itu, SSD ini juga tak dianjurkan untuk storage dalam lingkugnan jaringan alias Network Attached Storage (NAS) atau sebagai media penyimpanan komputer server.

Untuk ketersediaan, SSD SN850 sudah dijual di pasar global dengan harga 170 dolar AS (sekitar Rp 2,5 juta) untuk varian 1 TB dan 280 dolar AS (sekitar Rp 4,2 juta) untuk varian 2 TB, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Wccftech, Kamis (14/7/2022).

Baca juga: YouTuber Sulap PlayStation 5 Jadi Lebih Ramping dan Adem

Nantinya, SSD ini bisa dipasangkan ke PS5 pengguna dengan mudah dengan cara membongkar cover atau casing PS5 (dengan kondisi PS5 mati).

Setelah mencopot bagian casing, SSD tersebut lantas bisa dimasukkan ke dalam kompartemen expansion slot. Langkah selengkapnya untuk menambahkan SSD ke PS5 bisa dilihat di blog Sony PlayStation berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber wccftech
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com