Kreator di Instagram Bisa Bikin Post yang Hanya Bisa Dilihat Subscriber

Kompas.com - 15/07/2022, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Instagram semakin serius menggarap layanan berbayarnya yang bernama Instagram Subscriptions.

Kini, CEO Instagram Adam Mosseri mengumumkan empat fitur baru yang bisa dinikmati pengguna yang berlangganan Instagram Subscriptions. Adapun keempat fitur baru tersebut adalah "Subscriber Chats", "Subscriber Reels", "Subscriber Posts", dan "Subscriber Home".

Sesuai namanya, Subscriber Reels dan Posts memungkinkan kreator konten memonetisasi konten yang di-posting di Reels dan feed (video dan foto). Konten ini tentunya hanya dapat dinikmati secara eksklusif oleh pengguna berbayar (subscriber).

Baca juga: Bukan Google, Gen Z Lebih Suka Googling di TikTok dan Instagram

Melalui sebuah posting video di akun Twitter pribadinya dengan handle @mosseri, Bos Instagram itu mengatakan, dukungan monetisasi Reels dan feed ini merupakan yang paling banyak diminta oleh kreator.

Nantinya, konten eksklusif Reels dan feed itu akan ditandai dengan label berwarna ungu dengan tulisan "Exclusive", lengkap dengan ikon mahkota.

Tak hanya itu, untuk memudahkan subscriber melihat konten ekslusif, Instagram juga meluncurkan fitur baru "Subscriber Home". Fitur ini bisa ditemui di profil kreator konten dengan ikon mahkota.

Di Subscriber Home, pengguna berbayar bisa melihat seluruh video Reels serta foto dan video feed yang eksklusif.

Baca juga: TikTok Uji Coba Fitur Live Subscription, Cara Baru Kreator Cari Uang

Terakhir ada fitur baru "Subscriber Chats". Dengan fitur ini, kreator konten bisa berinteraksi dengan 30 subscriber sekaligus melalui direct message (DM).

Sudah diuji coba mulai Januari 2022

Sebelumnya, Instagram Subscriptions sudah resmi diuji coba secara terbatas kepada sejumlah kreator konten di Amerika Serikat sejak awal Januari 2022.

Ketika itu, Instagram Subsciption baru mendukung fitur monetitasi seperti "Subscriber Lives", "Subscriber Stories", dan "Subscriber Badges".

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.