Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kreator di Instagram Bisa Bikin Post yang Hanya Bisa Dilihat Subscriber

Kompas.com - 15/07/2022, 09:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram semakin serius menggarap layanan berbayarnya yang bernama Instagram Subscriptions.

Kini, CEO Instagram Adam Mosseri mengumumkan empat fitur baru yang bisa dinikmati pengguna yang berlangganan Instagram Subscriptions. Adapun keempat fitur baru tersebut adalah "Subscriber Chats", "Subscriber Reels", "Subscriber Posts", dan "Subscriber Home".

Sesuai namanya, Subscriber Reels dan Posts memungkinkan kreator konten memonetisasi konten yang di-posting di Reels dan feed (video dan foto). Konten ini tentunya hanya dapat dinikmati secara eksklusif oleh pengguna berbayar (subscriber).

Baca juga: Bukan Google, Gen Z Lebih Suka Googling di TikTok dan Instagram

Melalui sebuah posting video di akun Twitter pribadinya dengan handle @mosseri, Bos Instagram itu mengatakan, dukungan monetisasi Reels dan feed ini merupakan yang paling banyak diminta oleh kreator.

Nantinya, konten eksklusif Reels dan feed itu akan ditandai dengan label berwarna ungu dengan tulisan "Exclusive", lengkap dengan ikon mahkota.

Tak hanya itu, untuk memudahkan subscriber melihat konten ekslusif, Instagram juga meluncurkan fitur baru "Subscriber Home". Fitur ini bisa ditemui di profil kreator konten dengan ikon mahkota.

Di Subscriber Home, pengguna berbayar bisa melihat seluruh video Reels serta foto dan video feed yang eksklusif.

Baca juga: TikTok Uji Coba Fitur Live Subscription, Cara Baru Kreator Cari Uang

Terakhir ada fitur baru "Subscriber Chats". Dengan fitur ini, kreator konten bisa berinteraksi dengan 30 subscriber sekaligus melalui direct message (DM).

Sudah diuji coba mulai Januari 2022

Sebelumnya, Instagram Subscriptions sudah resmi diuji coba secara terbatas kepada sejumlah kreator konten di Amerika Serikat sejak awal Januari 2022.

Ketika itu, Instagram Subsciption baru mendukung fitur monetitasi seperti "Subscriber Lives", "Subscriber Stories", dan "Subscriber Badges".

Subscriber Lives merupakan konten tayangan langsung yang hanya bisa ditonton oleh pengguna berbayar. Kemudian Subscriber Stories merupakan konten Instagram Stories spesial yang juga hanya bisa dilihat pengguna secara eksklusif.

Baca juga: Berapa Jumlah Follower yang Harus Dimiliki Agar Bisa Mendapat Uang di Instagram?

Adapun Subscriber Badges memungkinkan nama akun pengguna disematkan oleh lencana khusus. Lencana ini bakal bisa dilihat pengguna lainnya di kolom komentar, sehingga bakal ketahuan bahwa pengguna tersebut merupakan pengguna berbayar.

Nah, dengan tambahan fitur baru ini, kreator konten Instagram menjadi memiliki banyak pilihan untuk memonetisasi kontennya di Instagram, baik yang di-posting di feed, Reels, Instagram Stories, hingga Live Streaming.

Awalnya, hanya ada sekitar 10 kreator konten asal AS yang digandeng Instagram untuk menyediakan konten berlangganan eksklusif di Instagram Subscriptions. Mulai dari influencer Alan Chikin Chow, model dan penari Kelsey Cook, kreator digital Lonnie IIV, dan lain sebagainya.

Namun, bersamaan dengan pengumuman empat fitur baru, Mosseri mengatakan bahwa layanan monetitasi Instagram Subscription sudah bisa dijajal oleh "puluhan ribu" kreator konten di AS.

Baca juga: Instagram Berbayar Resmi Diuji Coba di AS

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com