Cara agar Foto dan Video WA Tidak Tersimpan Otomatis di Galeri

Kompas.com - 15/07/2022, 16:30 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Beberapa pengguna mungkin akan sedikit kesal apabila foto atau video WhatsApp yang mereka terima tersimpan secara otomatis di galeri ponsel mereka.

Pasalnya, foto atau video yang tidak kita kehendaki tersebut dapat memenuhi memori ponsel dengan cepat. Padahal, terkadang foto atau video tersebut tidaklah begitu penting, misalnya foto yang beredar di grup.

Saat storage atau penyimpanan nyaris penuh, maka performa ponsel juga akan semakin lambat.

Untungnya, WhatsApp menyediakan fitur untuk mencegah foto atau video yang diterima pengguna tersimpan otomatis di galeri ponsel. 

Baca juga: Cara Bikin Tulisan Berwarna di WhatsApp Android

Lantas, bagaimana cara mengakfitkan fitur tersebut supaya foto atau video yang ada di WhatsApp tidak tersimpan otomatis di galeri dan memenuhi memori ponsel?

Cara agar foto atau video WA tidak tersimpan otomatis 

Cara agar foto dan video di WA tidak tersimpan otomatis di galeri.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara agar foto dan video di WA tidak tersimpan otomatis di galeri.
 

  • Pertama-tama, buka aplikasi WhatsApp dan pergi ke menu "Settings". Menu ini bisa ditampilkan dengan cara mengeklik ikon "tiga titik vertikal" yang terletak di tampilan utama WhatsApp.
  • Kemudian, pilih meu "Storage and data" di laman selanjutnya.
  • Beberapa saat kemudian, pengguna bakal disodori dengan tampilan pengaturan media penyimpanan dan data yang dipakai WhatsApp.
  • Di sini, perhatikan kolom "Media auto-download" yang memiliki tiga menu yang bisa dipilih pengguna. Kolom ini bisa mengaktifkan fitur download otomatis untuk media atau dokumen yang diterima pengguna di WhatsApp. Adapun ketiga menu tersebut mencakup:
    1. "When using mobile data": mengaktifkan atau menonaktifkan fitur download otomatis ketika menggunakan kuota data.
    2. "When connected on Wi-Fi": mengaktifkan atau menonaktifkan fitur download otomatis ketika menggunakan Wi-Fi.
    3. "When roaming": mengaktifkan atau menonaktifkan fitur download otomatis ketika pengguna mengaktifkan internet via layanan roaming di luar negeri.

Cara agar foto dan video di WA tidak tersimpan otomatis di galeri.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara agar foto dan video di WA tidak tersimpan otomatis di galeri.

  • Untuk menghemat kuota data internet dan media penyimpanan, pilih menu "When using mobile data" dan hapus tanda centang yang ada di masing-masing kotak cek (checkbox) yang tersedia. Ada empat jenis konten yang bisa dimatikan fitur download otomatisnya yaitu:
    1. "Photos" untuk foto;
    2. "Audio" untuk file audio;
    3. "Videos" untuk video;
    4. "Documents untuk file dokumen macam Microsoft Word hingga PDF.
  • Apabila pengguna ingin mematikan fitur download otomatis ketika tersambung internet Wi-Fi atau jaringan roaming, maka mereka bisa menghapus tanda centang dari kotak Photos, Audio, Videos, dan Document.
  • Jika sudah menghapus seluruh tanda centang dari seluruh menu yang ada di kolom "Media auto-download" tadi, klik tombol "OK".
  • Selesai, setelah menghapus tanda centang di tiap kotak tadi, maka seluruh media dan foto atau video yang pengguna terima di WhatsApp tidak akan tersimpan otomatis di galeri ponsel pengguna.

Baca juga: Cara Reactions Pesan WhatsApp dengan Emoji Lebih Banyak

Ilustrasi foto dan video WhatsApp yang tidak tersimpan otomatis di galeri ponsel.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Ilustrasi foto dan video WhatsApp yang tidak tersimpan otomatis di galeri ponsel.

  • Alih-alih demikian, foto atau video yang diterima pengguna akan diburamkan dan dibekali dengan ikon "tanda panah ke bawah" yang dilengkapi dengan ukuran foto atau video tersebut, sebagaimana ilustrasi gambar di atas.
  • Ikon ini lantas bisa diklik untuk melihat foto atau video yang mereka terima, untuk kemudian disimpan di galeri ponsel secara manual.

Meski fitur download otomatis untuk foto, video, audio, dan dokumen di WhatsApp tadi bisa dimatikan untuk tidak tersimpan di memori ponsel, WhatsApp masih akan tetap mengunduh pesan suara (voice message) yang diterima pengguna secara otomatis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.