Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Akun Facebook Bakal Bisa Punya 5 Profil Berbeda

Kompas.com - Diperbarui 16/07/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Facebook kabarnya tengah menguji fitur yang bisa membantu pengguna membuat beberapa profil dengan satu akun yang sama. Dengan begitu, pengguna tak perlu lagi membuat akun lain dari akun utama, jika ingin tampil sebagai profil yang berbeda di Facebook.

Menurut juru bicara Facebook, Leonard Lam, fitur ini dibuat agar pengguna bisa menyesuaikan pengalaman mereka berdasarkan minat dan hubungan (dengan pengguna lain).

"Kami menguji cara agar pengguna memiliki lebih dari satu profil yang terkait dengan satu akun Facebook," katanya dalam pernyataan yang dikutip KompasTekno dari TechCrunch, Jumat (15/7/2022).

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Free Fire lewat Akun Facebook

Fitur ini akan memungkinkan pengguna bisa membuat hingga lima profil berbeda dengan satu akun Facebook yang sama. Misalnya Anda membuat satu profil yang lebih santai dan personal untuk berinteraksi dengan teman dekat. Sementara profil lainnya dibuat lebih profesional untuk rekan kerja dan sebagainya.

Jika Anda menyukai game atau minat tertentu, Anda juga bisa membuat profil khusus untuk berinteraksi dengan pengguna lain yang memiliki minat serupa.

Baca juga: Cara Agar Facebook Tidak Terhubung dengan Instagram

Setiap pengguna nantinya bisa membuat nama yang unik untuk setiap profil di Facebook, namun tetap harus sesuai aturan platform yang melarang misrepresentasi atau menyamar sebagai figur publik.

Menurut Lam, profil utama pengguna juga harus sesuai aturan Facebook, yaitu dengan memakai nama orang sebagaimana umumnya. Sebab, penggunaan angka atau karakter khusus apapun dilarang Facebook.

Baca juga: Ketika Proyek Kripto Facebook Layu Sebelum Berkembang...

Meski memungkinkan pengguna membuat hingga lima profil, beberapa fitur Facebook akan terbatas untuk profil utama pengguna. Misalnya Facebook Dating dan fitur untuk membuat halaman di Facebook, yang hanya bisa digunakan dengan profil utama.

Ketentuan lainnya yaitu jika pengguna pelanggar pedoman komunitas Facebook dengan profil tertentu, maka semua profil pada akun yang sama akan terdampak sanksi Facebook.

"Siapapun yang memakai Facebook harus mengikuti aturan kami," ujar Lam.

Baca juga: Facebook dkk Batasi Perekrutan Karyawan Baru

Tak pengaruhi jumlah pengguna

Mengingat fitur multi-profil menggunakan akun yang sama, Facebook mengatakan bahwa fitur itu tidak serta merta mengubah cara perusahaan menghitung jumlah pengguna, baik pengguna aktif bulanan maupun harian.

Dengan kata lain, Facebook hanya akan memperhitungkan pengguna dari akunnya, bukan dari profil mereka.

Fitur multi-profil sendiri masih dalam tahap uji coba ke pengguna di negara-negara tertentu. Belum diketahui kapan fitur ini akan diluncurkan Facebook ke platformnya.

Baca juga: Buntut Kasus Roe v. Wade, Facebook dan Instagram Hapus Postingan soal Aborsi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.