Google Resmi Merilis ChromeOS Flex, "Hidupkan" Laptop Lawas Jadi Chromebook

Kompas.com - 15/07/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Google resmi merilis sistem operasi (OS) ChromeOS Flex versi stabil ke lebih banyak perangkat desktop lawas, baik yang menjalankan MacOS maupun Windows.

Google pertama kali mengumumkan ChromeOS Flex dalam versi pratinjau pada Februari lalu.

Dengan ChromeOS Flex, pemilik PC model lawas yang sudah tidak mendapatkan pembaruan OS atau bahkan OS yang dipakai sudah dipensiunkan, bisa menyulap perangkatnya itu menjadi Chromebook secara gratis.

Baca juga: Google Umumkan Chrome OS Flex untuk Sulap Laptop Lawas Jadi Chromebook

Laptop lawas "dihidupkan" kembali jadi Chromebook

Pengguna bisa menginstal ChromeOS Flex melalui tautan berikut ini. Dalam praktiknya, Google Chrome OS Flex akan terpasang menggantikan sistem operasi perangkat lawas yang digunakan perangkat, bukan solusi dual-boot atau sistem operasi ganda.

Setelah "dihidupkan" kembali, laptop lawas yang menjalankan ChromeOS Flex bakal membawa sejumlah fitur yang serupa dengan perangkat Chromebook yang menjalankan ChromeOS standar. Hal ini dimungkinkan karena ChromeOS Flex dan ChromeOS memiliki basis kode yang sama.

Baca juga: Pertama Kali, Komputer ChromeOS Lebih Laris Dibanding MacOS

Ada pun fitur yang bakal didapatkan perangkat dengan ChromeOS Flex meliputi dukungan browser Chrome, antarmuka pengguna yang sama dengan ChromeOS, integrasi lintas perangkat dengan Android, sinkronisasi cloud (untuk pengaturan dan bookmark).

Ada pula dukungan untuk Google Assistant, Family Link, Smart Lock, Instant Tethering, dan Nearby Sharing.

Tak hanya itu, laptop Mac atau Windows lawas juga bakal kembali mendapatkan pembaruan atau update ChromeOS Flex sesuai dengan ketentuan Google.

Baca juga: Penampakan Pixel Slate, Tablet Chrome OS Pertama dari Google

Sebagaimana dihimpun dari laman Google Support, Google telah menguji kompatibilitas ChromeOS Flex terhadap lebih dari 400 perangkat PC lawas. Perangkat itu berasal dari macam-macam vendor PC ternama dunia Mulai dari Acer, Apple, Asus, Dell, HP, Lenovo, LG, Microsoft, Toshiba, dan lainnya.

Daftar model laptop yang tersertifikasi kompatibel menjalankan ChromeOS Flex dapat disimak melalui tautan berikut ini. Selain itu, pengguna juga bisa melihat durasi dukungan ChromeOS Flex untuk masing-masing perangkat dalam daftar tersebut.

Baca juga: Chromebook 4G LTE yang Diklaim Pertama Buatan Indonesia Resmi Meluncur, Ini Spesifikasinya

Halaman:
Sumber Engadget


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.