Kompas.com - 17/07/2022, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Sebagaimana umum diketahui, WhatsApp tidak hanya tersedia untuk aplikasi ponsel, tapi juga untuk desktop (laptop atau komputer). Untuk desktop, setidaknya terdapat dua versi WhatsApp yang bisa diakses pengguna.

Pertama, WhatsApp versi aplikasi desktop atau biasa disebut juga dengan WhatsApp Desktop. Layaknya aplikasi WhatsApp di ponsel, pengguna perlu mengunduh dan menginstal WhatsApp Desktop di laptop.

Baca juga: Cara Bikin Tulisan Berwarna di WhatsApp Android

Kemudian yang kedua, terdapat pula WhatsApp versi Web atau WhatsApp Web. Untuk mengakses WhatsApp Web, pengguna hanya perlu membuka tab browser di laptop dan mengunjungi website WhatsApp.

Dua skema mengakses WhatsApp di laptop tersebut lumrah dilakukan pengguna. Kendati lumrah, namun pernahkah sesekali mencoba mengakses versi WhatsApp di laptop itu untuk dibuka di handphone (HP)?

KompasTekno sempat mencoba mengakses salah satu versi WhatsApp di laptop, WhatsApp Web, untuk dibuka di HP. Lalu, hasilnya bagaimana? Apakah WhatsApp Web bisa dibuka di HP?

Berdasar percobaan yang telah dilakukan, WhatsApp Web sejatinya juga bisa dibuka di HP. Membuka WhatsApp Web di HP mungkin dilakukan lantaran terdapat fitur pada aplikasi browser untuk mengubah tampilan antarmuka situs web.

Dengan fitur tersebut, tampilan antarmuka situs web untuk mobile bisa beralih ke desktop. Sehingga, WhatsApp Web yang didesain untuk dibuka lewat browser desktop bisa diakses juga melalui browser HP.

Lantas, bagaimana cara membuka WhatsApp Web di HP? Bila tertarik untuk mencobanya, berikut KompasTekno rangkumkan cara membuka WhatsApp Web di HP.

Cara membuka WhatsApp Web di HP

  • Buka aplikasi browser di HP
  • Kemudian, kunjungi situs web untuk mengakses WhatsApp Web ini www.whatsapp.com
  • Setelah masuk ke halaman situs web tersebut, bukalah menu pengaturan tampilan situs web.
  • Letak menu tersebut biasanya berbeda-beda di tiap browser. Di browser Safari, menu itu disimbolkan dengan ikon “Aa”. Semetara di Chrome, menu pengaturan tampilan situs web terdapat pada ikon titik tiga.
  • Setelah membuka menu tersebut, lalu pilih opsi dengan tajuk seperti “Minta Situs Web Desktop” atau “Minta Situs Desktop”.
    Ilustrasi cara membuka WhatsApp di HPKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara membuka WhatsApp di HP
  • Setelah klik opsi tersebut, situs web WhatsApp di browserHP bakal segera beralih ke tampilan desktop.
    Tampilan WhatsApp Web di HP setelah beralih ke antarmuka desktop.KOMPAS.com/Zulfikar Tampilan WhatsApp Web di HP setelah beralih ke antarmuka desktop.
  • Selanjutnya, situs web WhatsApp akan menampilkan kode QR untuk login akun, selayaknya membuka WhatsApp Web di browser desktop.
  • Ketika kode QR tersebut telah muncul, silakan pindai dengan aplikasi WhatsApp yang terdapat di HP lain untuk bisa login akun.
  • Bila telah berhasil login akun maka WhatsApp Web yang dibuka lewat HP itu pun bakal bisa dipakai buat mengirim atau menerima chat.

Tampilan WhatsApp Web di HP.KOMPAS.com/Zulfikar Tampilan WhatsApp Web di HP.

Meski bisa dilakukan, namun membuka WhatsApp Web di HP tampaknya menghasilkan pengalaman chat yang kurang memuaskan. Ini dikarenakan teks yang terdapat dalam WhatsApp Web di HP terlihat kecil, sehingga cukup sulit untuk membacanya.

Baca juga: 2 Cara Share Note iPhone ke Teman di WhatsApp dengan Mudah

Kemudian, perlu diketahui, cara di atas dijajal lewat browser Safari di iPhone yang menjalankan versi sistem operasi iOS 15.5. Beda wadah untuk mengakses, mungkin bakal beda pula cara atau letak opsinya.

Demikian penjelasan seputar cara membuka WhatsApp Web di Hp yang mungkin bisa dicoba, semoga bermanfaat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.