Voice Note di WhatsApp Bakal Bisa Dibikin Jadi Status?

Kompas.com - 18/07/2022, 12:04 WIB

KOMPAS.com - Status di WhatsApp umumnya berupa tulisan, foto, atau video. Namun, baru-baru ini, WhatsApp diketahui tengah berupaya membuat fitur agar pesan suara (voice note) bisa di-upload menjadi status.

Kabar ini pertama kali terendus oleh situs yang kerap memberi bocoran akurat soal fitur-fitur baru Whatsapp, yakni WABetaInfo.

Dalam laporannya, fitur voice note di status ini serupa dengan fitur pesan suara yang dikirim di dalam obrolan. Fitur ini nantinya akan bisa diakses melalui tombol khusus.

Baca juga: Apakah WhatsApp Web Bisa Dibuka lewat HP?

Dari tangkapan layar yang diunggah WABetaInfo, tombol tersebut terlihat berada di pojok kanan bawah, bersama dengan tombol untuk update status berupa teks.

Bedanya, tombol untuk voice note itu berbentuk microphone seperti pada gambar di bawah ini. Tombol tersebut dapat diakses melalui kolom “Status”.

Fitur Voice Note baru di Whatsapp versi Android (Sumber: WA Beta Info)WA Beta Info Fitur Voice Note baru di Whatsapp versi Android (Sumber: WA Beta Info)
Bentuk ini punya kesamaan ketika pengguna ingin merekam suara di dalam obrolan. Nah, nantinya fitur pesan suara di status Whatsapp, kemungkinan besar akan menambah ikon “rekam suara” seperti gambar di atas.

Sehingga saat diklik, pengguna bisa langsung merekam suara yang ingin dijadikan sebagai status.

Bila fitur ini sudah resmi rilis, pengguna Android bisa melakukan pembaruan aplikasi Whatsapp di toko aplikasi resmi, Google Playstore. Sementara untuk pengguna iOS dan versi desktop masih belum diinfokan lebih lanjut.

Menuru WABetaInfo, fitur ini ditemukan melalui update terbaru di WhatsApp beta versi 2.22.16.3. 

 

Fitur baru ini mungkin membuat beberapa pengguna bertanya-tanya bagaimana privasi dan keamanannya.

Sama seperti status yang biasa dibuat, pengguna dapat mengatur siapa saja yang boleh mendengar voice note di status tersebut, sebagaimana dikutip KompasTekno dari WABetaInfo, Senin (18/7/2022).

Baca juga: Kacamata Pintar Meta Ray-Ban Stories Bisa Dipakai Buat Kirim WhatsApp

WhatsApp memang memberi tiga pilihan opsi yaitu "My Contacs", "My Contacts except", dan "Only Share With".

Cara mengatur Status Privacy di Whatsapp (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Cara mengatur Status Privacy di Whatsapp (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)
Pengguna dapat mengaturnya dengan pergi ke halaman “Status” di aplikasi Whatsapp, kemudian ketuk ikon titik di atas, pilih “Status Privacy”.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber WABetaInfo


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.