Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Voice Note di WhatsApp Bakal Bisa Dibikin Jadi Status?

Kompas.com - 18/07/2022, 12:04 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - Status di WhatsApp umumnya berupa tulisan, foto, atau video. Namun, baru-baru ini, WhatsApp diketahui tengah berupaya membuat fitur agar pesan suara (voice note) bisa di-upload menjadi status.

Kabar ini pertama kali terendus oleh situs yang kerap memberi bocoran akurat soal fitur-fitur baru Whatsapp, yakni WABetaInfo.

Dalam laporannya, fitur voice note di status ini serupa dengan fitur pesan suara yang dikirim di dalam obrolan. Fitur ini nantinya akan bisa diakses melalui tombol khusus.

Baca juga: Apakah WhatsApp Web Bisa Dibuka lewat HP?

Dari tangkapan layar yang diunggah WABetaInfo, tombol tersebut terlihat berada di pojok kanan bawah, bersama dengan tombol untuk update status berupa teks.

Bedanya, tombol untuk voice note itu berbentuk microphone seperti pada gambar di bawah ini. Tombol tersebut dapat diakses melalui kolom “Status”.

Fitur Voice Note baru di Whatsapp versi Android (Sumber: WA Beta Info)WA Beta Info Fitur Voice Note baru di Whatsapp versi Android (Sumber: WA Beta Info)
Bentuk ini punya kesamaan ketika pengguna ingin merekam suara di dalam obrolan. Nah, nantinya fitur pesan suara di status Whatsapp, kemungkinan besar akan menambah ikon “rekam suara” seperti gambar di atas.

Sehingga saat diklik, pengguna bisa langsung merekam suara yang ingin dijadikan sebagai status.

Bila fitur ini sudah resmi rilis, pengguna Android bisa melakukan pembaruan aplikasi Whatsapp di toko aplikasi resmi, Google Playstore. Sementara untuk pengguna iOS dan versi desktop masih belum diinfokan lebih lanjut.

Menuru WABetaInfo, fitur ini ditemukan melalui update terbaru di WhatsApp beta versi 2.22.16.3. 

 

Fitur baru ini mungkin membuat beberapa pengguna bertanya-tanya bagaimana privasi dan keamanannya.

Sama seperti status yang biasa dibuat, pengguna dapat mengatur siapa saja yang boleh mendengar voice note di status tersebut, sebagaimana dikutip KompasTekno dari WABetaInfo, Senin (18/7/2022).

Baca juga: Kacamata Pintar Meta Ray-Ban Stories Bisa Dipakai Buat Kirim WhatsApp

WhatsApp memang memberi tiga pilihan opsi yaitu "My Contacs", "My Contacts except", dan "Only Share With".

Cara mengatur Status Privacy di Whatsapp (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Cara mengatur Status Privacy di Whatsapp (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)
Pengguna dapat mengaturnya dengan pergi ke halaman “Status” di aplikasi Whatsapp, kemudian ketuk ikon titik di atas, pilih “Status Privacy”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com