Waspada, 84 Aplikasi iPhone Ini Bisa Menguras Isi Dompet

Kompas.com - 19/07/2022, 08:00 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Puluhan aplikasi yang dapat menguras dompet pengguna, masih ditemukan di toko aplikasi Apple, App Store. Padahal, Apple dikenal sebagai perusahaan yang ketat dalam menyortir aplikasi yang bisa dipakai oleh pengguna.

Menurut situs pengulas VPN, Vpncheck, Apple belum menghapus sebanyak 84 aplikasi yang mengandung fleeceware sejak ditemukan 15 bulan yang lalu, atau pada Maret 2021. 

Fleeceware sendiri adalah perangkat lunak jahat semacam malware yang dapat menguras dompet pengguna dengan cara menetapkan biaya tertentu secara diam-diam. Aplikasi jenis ini biasanya menarik minat pengguna dengan trik uji coba gratis.

Pada Maret 2021, Avast menemukan total 133 aplikasi mengandung fleeceware di App Store. Pada saat yang sama, aplikasi tersebut tercatat sudah diunduh sampai 500 juta kali dan menghasilkan pendapatan 365 juta dollar AS (Rp 54,7 triliun).

Baca juga: Alasan Pentingnya Menghapus Data dan Akun Sebelum Uninstall Aplikasi

Fleeceware memang dirancang untuk mengelabui pengguna, guna mencari keuntungan. Meski tidak mencuri data penggunanya, aplikasi ini tetap berbahaya karena diam-diam bisa menetapkan biaya tersembunyi yang mahal.

Menurut Vpncheck, sebanyak 84 aplikasi fleeceware mengelabui pengguna hingga 100 juta dollar AS (Rp 1,49 triliun) per tahun.

Vpncheck juga mencatat bahwa aplikasi itu sudah diunduh 7,2 juta kali di iPhone dan menghasilkan pendapatan 8,6 juta dollar AS (Rp 128 miliar) setiap bulannya.

Ciri-ciri aplikasi fleeceware

Fleeceware adalah sejenis malware pada aplikasi mobile yang dirilis dengan biaya langganan yang mahal dan tersembunyi. 

Dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (19/7/2022), aplikasi yang mengandung fleeceware biasanya mudah dikenali. Sebab, mereka mayoritas berwujud aplikasi hiburan seperti alat musik virtual atau aplikasi utilitas seperti senter atau kalkulator.

Fleeceware juga terkadang berbentuk aplikasi ramalan atau horoskop, filter atau aplikasi edit foto maupun video, booster volume, game berbasis kuis hingga wallpaper.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.