Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Semua iPhone 15 Punya Kamera Periskop

Kompas.com - 19/07/2022, 10:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - iPhone 14 masih belum diluncurkan secara resmi oleh Apple, namun sejumlah bocoran tentang iPhone 15 sudah mulai berseliweran di dunia maya.

Menurut analis kenamaan Apple, Ming-Chi Kuo, iPhone 15 rencananya bakal meluncur pada 2023 mendatang dengan lensa periskop yang lebih baik dibandingkan seri sebelumnya.

Namun, sepertinya lensa tersebut tidak akan dihadirkan ke seluruh versi iPhone 15, tetapi di varian iPhone 15 Pro Max saja. Dengan kata lain, iPhone 15 Pro diduga masih akan menggunakan lensa tele klasik.

Bagi yang belum familiar, lensa periskop di smartphone mengandalkan prisma yang memantulkan cahaya ke berbagai lensa internal, dengan sudut 90 derajat ke sensor kamera, sehingga ukuran lensa lebih panjang dibanding telephoto, membuat hasil foto zoom optik lebih baik.

Baca juga: iPhone 15 Pro Disebut Pakai Kamera Periskop

Kuo mengatakan kalau lensa periskop yang digunakan secara eksklusif pada iPhone 15 Pro Max akan memiliki sensor 1/3 inci dengan resolusi 12 megapiksel, dan punya bukaan lensa f/2.8, dilengkapi fitur stabilisasi sensor dan zoom optik 6x.

Artinya, lensa tersebut dapat melakukan perbesaran sebanyak enam kali, tanpa mengurangi kualitas dari gambar yang diambil.

Jika prediksi ini akurat, ini bukan pertama kalinya Apple meningkatkan fitur khusus untuk versi “Pro”.

Strategi Apple

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Mac, Selasa (19/7/2022), Apple sepertinya berusaha mencari cara untuk meningkatkan kesenjangan antara iPhone versi “reguler” dan versi “Pro”.

Ambil contoh, rangkaian chipset yang disematkan ke iPhone 14 versi “reguler” dan iPhone versi “Pro” berbeda.

Baca juga: iPhone 15 Jadi yang Terakhir Pakai Colokan Lightning?

Untuk versi “reguler”, Apple menggunakan chip Apple A15 Bionic seperti pendahulunya, yakni iPhone 13. Sedangkan versi “Pro” menggunakan chip teranyar Apple, yaitu Apple A16 Bionic.

Contoh lainnya, kamera periskop di iPhone 12 Max dulu. Ponsel tersebut sempat menjadi satu-satunya perangkat yang memiliki kamera periskop dengan zoom optik 2,5x dan punya lensa kamera wide untuk jangkauan yang lebih lebar.

Kemudian, dari segi harga, iPhone versi “reguler” dan “Pro” juga memiliki perbedaan harga yang cukup jauh. Apalagi iPhone Pro Max, ponsel dengan model paling mahal di jajaran ponsel Apple.

Sebagai perbandingan iPhone 14 versi "reguler" yang diluncurkan akan berkisar sekitar Rp11,7 juta sampai 13,1 juta. Sedangkan untuk versi "Pro" dimulai dari harga Rp16,1 juta sampai 17,5 juta.

Baca juga: Bocoran Lengkap iPhone 14: Desain, Spesifikasi, Harga, hingga Tanggal Peluncuran

Hal ini menjadi masuk akal untuk menganggap Apple sangat "menjaga" teknologi dari versi “Pro” agar tetap eksklusif. Dalam konteks ini, Kuo justru berharap akan ada lebih banyak ponsel yang menggunakan lensa periskop di tahun-tahun mendatang.

Apabila vendor ponsel lain mampu meningkatkan permintaan dan produksi ponsel dengan kamera periskop, maka harga iPhone versi “Pro Max” lebih murah atau turun di masa mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com