Kompas.com - 19/07/2022, 12:30 WIB

KOMPAS.com - Layanan streaming Netflix diketahui sudah melakukan pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). 

Nama Netflix sudah muncul di halaman PSE Lingkup Privat kategori PSE asing pada Selasa (19/7/2020).

Dengan terdaftarnya Netflix di laman PSE Lingkup Privat, dapat diartikan bahwa layanan streaming ini terhindar dari ancaman sanksi administrasi hingga pemblokiran pada 21 Juli mendatang.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, Selasa (19/7/2022), Netflix masuk dalam kategori PSE Asing dan sudah terdaftar di situs pse.kominfo.go.id. Platform tersebut tercatat sudah terdaftar dengan nomor 004825.01/DJAI.PSE/07/2022.

Baca juga: Pengamat Ungkap Deretan Pasal Karet di Aturan PSE Kominfo

Netflix terdaftar dengan perusahaan NETFLIX PTE. LTD. yang bergerak di sektor perdagangan. Di laman tersebut, layanan ini mencantumkan halaman resminya dengan alamat web netflix.com/id.

Jadi, bisa diartikan kalau kini Netflix telah “terbebas” dari ancaman pemblokiran yang ditetapkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Ancaman pemblokiran ini berasal dari kebijakan yang tertuang dalam Permenkominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Platform atau PSE baik lokal maupun asing, wajib mendaftarkan diri hingga batas waktu yang ditentukan yakni Rabu, 20 Juli 2022.

Bila ada PSE yang masih belum daftar sampai batas waktu 20 Juli 2022, platform tersebut akan dianggap ilegal dan akan mendapat sanksi administratif hingga diblokir di Tanah Air.

“Apabila PSE tidak melakukan pendaftaran sampai dengan batas akhir pada tanggal 20 Juli 2022, maka PSE yang tidak terdaftar tersebut merupakan PSE ilegal di wilayah yuridiksi Indonesia. Apabila dikategorikan ilegal, bisa dilakukan pemblokiran,” jelas Semuel Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo dalam sebuah konferensi pers pada akhir Juni lalu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.