Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/07/2022, 13:44 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Xiaomi resmi meluncurkan Xiaomi 12 Lite 5G di Indonesia hari ini, Selasa (19/7/2022). Smartphone ini merupakan model dengan spesifikasi paling "ringan" dan murah dari Xiaomi 12 series yang dirilis di Indonesia pada April lalu.

Disebut ringan karena beberapa spesifikasi Xiaomi 12 Lite lebih rendah dibanding Xiaomi 12 series lainnya. 

Meski menjadi versi murah dari Xiaomi 12 "reguler" dan Xiaomi 12 Pro, Xiaomi 12 Lite juga dibekali spesifikasi yang cukup mumpuni. Ini termasuk dukungan konektivitas 5G, sensor kamera resolusi tinggi, dan lainnya.

"Banyak permintaan kepada kami untuk menghadirkan generasi baru Xiaomi 11 Lite series. Untuk itu, dengan bangga saya meluncurkan Xiaomi 12 Lite 5G, my style, my shot," kata Vanessa Tan, Marketing Director Xiaomi Indonesia dalam peluncuran Xiaomi 12 Lite secara virtual. 

Baca juga: Xiaomi 12T Meluncur di Indonesia Sebentar Lagi?

Menurut Vanessa, Xiaomi 12 Lite hadir dengan desain dan kamera yang luar biasa, serta performa yang andal namun dalam dimensi yang tipis dan ringan. Sebab, smartphone ini memiliki ketebalan hanya 7,29 mm dan bobot 173 gram.

Spesifikasi Xiaomi 12 Lite

Xiaomi 12 Lite tampil dengan desain yang berbeda dibanding model Xiaomi 12 series lainnya. Sebab, smartphone ini didesain dengan tepi body kotak alih-alih membulat.

Meski demikian, DNA Xiaomi 12 series masih terlihat pada Xiaomi 12 Lite, yaitu pada modul kamera belakang yang menampung tiga kamera yang disusun secara vertikal.

Selain itu, layar Xiaomi 12 Lite juga didesain memiliki lubang kecil di atas tengah layar untuk mengakomodasi kamera depan perangkat.

Xiaomi 12 Lite rilis di IndonesiaGSM Arena Xiaomi 12 Lite rilis di Indonesia

Layarnya sendiri berpanel AMOLED 6,55 inci dengan resolusi Full HD (2.400 x 1.080 piksel). Fitur pendamping layar yang disematkan Xiaomi pada smartphone ini antara lain refresh rate 120 Hz, touch sampling rate 240 Hz dan kecerahan sampai 950 nits.

Sebagaimana Xiaomi 12 Lite versi global, Xiaomi 12 Lite di Indonesia juga ditenagai oleh chipset Snapdragon 778G yang memiliki arsitektur 6 nm. Chip ini memiliki CPU dengan clockspeed hingga 2,4 GHz dan GPU Adreno 642L untuk mengolah grafis.

Pada Xiaomi 12 Lite di Indonesia, Snapdragon 778G dipadukan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB. RAM-nya dapat diperluas sementara dengan "meminjam" sebagian penyimpanan internal sampai 3 GB, sehingga RAM bisa didongkrak menjadi total 11 GB.

Beralih ke aspek kamera, Xiaomi 12 Lite dibekali tiga kamera belakang dan kamera depan tunggal. Kamera belakang Xiaomi 12 Lite terdiri dari kamera utama 108 MP, kamera ultrawide 8 MP dan kamera makro 2 MP. Sementara kamera depan untuk menunjang aktivitas selfie dan panggilan video, Xiaomi 12 Lite menawarkan kamera 32 MP.

Baca juga: Membandingkan Duo Flagship Ringkas, Xiaomi 12 vs Samsung Galaxy S22

Pada aspek daya, Xiaomi 12 Lite ditopang dengan baterai berkapasitas 4.300 mAh yang didukung pengisian cepat atau fast charging 67 watt. Dukungan ini diklaim bisa mengisi baterai Xiaomi 12 Lite dari 0 sampai 50 persen hanya dalam 15 menit.

Fitur lainnya yang turut melengkapi smartphone Xiaomi ini antara lain sensor sidik jari di layar, konektivitas 5G, speaker stereo Dolby Vision serta Dolby Atmos.

Smartphone ini berjalan dengan sistem operasi Android 12 dan dilapisi antarmuka MIUI 13. Di Indonesia, Xiaomi 12 Lite tersedia dalam tiga opsi warna, yaitu Lite Pink, Lite Green dan Black. 

Harga Xiaomi 12 Lite di Indonesia

Harga Xiaomi 12 Lite di Indonesi adalah Rp 5.799.000 (Rp 5,8 juta). Smartphone ini akan dijual perdana secara online pada 20 Juli 2022 pukul 12.00 di toko online Xiaomi dan marketplace rekanan perusahaan.

Adapun penjualan offline akan digelar pada 21 Juli 2022 di toko resmi Xiaomi dan mitra Xiaomi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com