Apple Mulai Berhemat, Batasi Rekrutmen dan Pengeluaran Tahun Depan

Kompas.com - 20/07/2022, 10:00 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Apple dilaporkan akan mengikuti jejak perusahaan teknologi lainnya untuk melakukan penghematan. Apple disebut akan mulai membatasi perekrutan karyawan baru dan pengeluaran mulai tahun depan.

Menurut laporan, keputusan ini diambil guna mempersiapkan perusahaan dalam menghadapi potensi penurunan pertumbuhan ekonomi pada 2023 mendatang.

Sumber internal yang dikutip Bloomberg mengatakan, keputusan itu tidak akan memengaruhi semua divisi perusahaan.

Dengan kata lain, penghematan hanya diterapkan pada beberapa divisi saja, misalnya untuk divisi penelitian dan pengembangan (R&D), sumber daya dan perekrutan.

Sementara dalam hal rekrutmen, beberapa divisi tidak akan menambah tim atau menambal posisi yang kosong pada tahun depan.

Baca juga: Google Kurangi Jumlah Perekrutan Karyawan Baru

Terlepas dari keputusan itu, Apple konon masih mempertahankan jadwal peluncuran produk baru perusahaan pada tahun 2023, termasuk headset Augmented Reality/Virtual Reality.

Apple sendiri belum memberikan tanggapan resmi tentang laporan ini. Namun, sejak kabar ini mencuat, saham perusahaan turun 2 persen, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Apple Insider, Selasa (19/7/2022).

Adapun keputusan penangguhan rekrutmen dan pemangkasan biaya operasional Apple, terjadi karena Apple berupaya mengatasi potensi penurunan ekonomi.

Menurut sumber internal, strategi ini ditempuh agar perusahaan berhati-hati selama masa yang tidak pasti seperti saat ini.

Google sampai Meta bekukan rekrutmen

Sebelum Apple, sejumlah perusahaan teknologi ternama seperti Google dan Meta juga memutuskan untuk menangguhkan perekrutan karyawan. CEO Google, Sundar Pichai mengumumkan keputusan tersebut kepada staf perusahaan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.