Microsoft Disebut Sedang Siapkan Windows 12, Kapan Meluncur?

Kompas.com - 20/07/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Usia Windows 11 bisa dibilang masih sangat muda. Namun, Microsoft dikabarkan tengah menyiapkan penerus dari sistem operasi ini yakni Windows 12.

Menurut laporan media teknologi Windows Central, Microsoft tengah kembali mengubah jadwal perilisan Windows terbaru menjadi tiga tahunan. Mengingat Windows 11 diperkenalkan pada 2021 lalu, maka Windows 12 akan dirilis pada 2024 mendatang.

Microsoft sendiri awalnya memang kerap merilis OS Windows terbaru setiap tiga tahun, sejak Windows Vista hingga Windows 10 pada 2015 lalu. Namun, jadwal tersebut kemudian berubah hingga Windows 11.

Baca juga: Windows 8.1 Pensiun Tahun Depan, Microsoft Beri Peringatan kepada Pengguna

Alih-alih merilis OS Windows terbaru, Microsoft memilih untuk melakukan pembaruan besar di Windows 10 secara berkala setiap tahun, hingga akhirnya memperkenalkan Windows 11 pada 2021 lalu.

Konon, sistem operasi Windows 12 akan diberi nama kode “Next Valley”. Meski demikian, fitur dan tampilan dari OS tersebut masih belum diketahui.

Pihak Microsoft pun belum memberikan tanggapan apapun terkait peluncuran OS ini. Bocoran tentang Windows 12 yang sangat minim, membuat sejumlah kabar yang bersilewaran pun belum dapat dijadikan acuan karena masih bisa mengalami perubahan.

Nasib Windows 11?

Microsoft sendiri saat ini masih memiliki waktu dua tahun dari sekarang, jika benar-benar akan merilis Windows 12 pada 2024 mednatang.

Menjelang peluncuran OS terbaru, kemungkinan Microsoft akan terus melakukan pembaruan fitur di Windows 11, dirangkum KompasTekno dari Windows Central, Rabu (20/7/2022).

Baca juga: Cara Reset Windows 11 ke Pengaturan Pabrik, Ada 2 Mode

Salah satunya adalah fitur Moments yang akan dibawa ke Windows 11.  Meski penambahan fitur tersebut dinilai sebagai perubahan minor, diduga fitur tersebut dapat berguna dan bisa mendukung pembaruan dari Windows 11 di masa mendatang.

Masih belum diketahui juga kapan Windows 11 “Moments” akan diluncurkan ke masyarakat secara umum. Microsoft juga diperkirakan akan membawa setidaknya empat pembaruan mayor ke Windows 11 sebelum merilis Windows 12.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.