Instagram Perbarui Fitur Peta untuk Permudah Pengguna Cari Lokasi Kekinian

Kompas.com - 20/07/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Instagram memperbarui fitur peta yang selama ini tersedia di platformnya. Tujuannya untuk memudahkan pengguna mencari lokasi yang sedang populer atau kekinian.

Sebelumnya, fitur peta di Instagram hanya menampung seluruh postingan pengguna yang menyertakan tanda lokasi (tag location) dari suatu tempat.

Nah, pengalaman peta yang diperbarui memungkinkan pengguna untuk menjelajahi lokasi populer yang ditandai di sekitar mereka. Tak hanya itu, pengguna juga bisa memfilter hasil lokasi berdasarkan kategori tertentu seperti restoran, kafe, hotel, bar, pemandangan, taman & kebun.

Baca juga: Pengguna Instagram Kini Bisa Belanja dan Bayar via Chat di DM IG

Hal ini diumumkan langsung oleh CEO Meta Mark Zuckerberg dalam sebuah postingan Instagram Stories di akun pribadinya (@zuck).

"Kami memperkenalkan peta baru yang dapat dicari di Instagram hari ini. Anda sekarang dapat menemukan bisnis lokal populer di dekat Anda dan menyaring berdasarkan kategori," tulis @zuck.

Pantauan KompasTekno pada Rabu (20/7/2022), pengalaman peta yang baru ini sudah bisa dijajal pengguna di Indonesia. Fitur peta yang diperbarui ini tersedia di aplikasi Instagram versi 244.0.0.17.110 di ponsel Android.

Baca juga: Cara Mengatasi Instagram Keluar Sendiri (Force Close) di Android dan iPhone

Untuk mengaksesnya, pengguna bisa mengeklik tag lokasi yang muncul di postingan feed atau Instagram Stories pengguna lain. Misalnya, kami mengelik tag lokasi "Old Hill Street Police Station" di Singapura.

Nantinya, pengguna akan dialihkan ke laman peta Instagram. Di situ, pengguna bisa melihat postingan foto, Reels, dan Instagram Stories yang menyertakan tag lokasi Old Hill Street Police Station.

Baca juga: Kreator di Instagram Bisa Bikin Post yang Hanya Bisa Dilihat Subscriber

Di situ juga, pengguna bisa memilih opsi "search this area" untuk menemukan lokasi populer di sekitar Old Hill Street Police Station.

Ilustrasi pencarian lokasi populer lewat peta Instagram.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi pencarian lokasi populer lewat peta Instagram.
Hasil pencarian lokasi populer juga menyertakan sejumlah informasi yang lengkap, mulai dari akun Instagram dari tempat populer, kategori lokasi (taman, tempat belanja, kafe, dll), jam operasional lokasi, alamat, situs web, hingga nomor telepon lokasi tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.