Cara Menambahkan Anggota di Grup WhatsApp Tanpa Simpan Nomor

Kompas.com - 20/07/2022, 16:15 WIB

KOMPAS.com- WhatsApp atau yang biasa disebut juga dengan WA, merupakan aplikasi pesan instan dengan terdapat cukup banyak fitur menarik. Salah satunya yang mungkin tidak asing lagi adalah obrolan grup atau grup WA.

Lewat grup WA, chatting (berkirim pesan) antar anggota dalam satu kelompok bisa dilakukan secara bersamaan. Dalam grup WA, terdapat dua model anggota, yakni anggota sebagai admin dan anggota biasa.

Baca juga: Apakah WhatsApp Web Bisa Dibuka lewat HP?

Sebagaimana umum diketahui, admin memiliki tugas seperti moderator dalam sebuah forum. Di grup WA, seorang admin memiliki kemampuan untuk menambahkan anggota dan mengeluarkannya.

Berbicara soal menambahkan anggota di grup WA, cara yang paling biasa dilakukan admin adalah dengan memasukkan pengguna lain dari daftar kontaknya. Dengan cara seperti ini, berarti admin harus menyimpan dulu nomor telepon pengguna tersebut.

Apakah Anda juga terbiasa menambahkan anggota di grup WA dengan cara menyimpan nomor teleponnya dulu? Selain cara tersebut, sebenarnya terdapat langkah yang lebih mudah untuk menambahkan anggota di grup WA.

Untuk diketahui, menambahkan anggota di grup WA bisa juga dilakukan tanpa harus menyimpan nomor telepon milik pengguna lain ke daftar kontak. Ini dimungkinkan dengan fitur tautan undangan atau link grup WhatsApp.

Jadi, Anda bisa menambahkan anggota di grup WA tanpa simpan nomor dengan membagikan tautan undangan. Lantas, letak link grup WhatsApp ada di mana?

Bila Anda seorang admin, tautan undangan tersebut dapat diakses pada halaman profil grup WhatsApp. Sudah penasaran dengan bagaimana cara menambahkan anggota di grup WA tanpa simpan nomor? Simak, penjelasan di bawah ini.

Baca juga: Cara Sembunyikan Last Seen WhatsApp dari Beberapa Kontak Tertentu

Cara menambahkan anggota di grup WA tanpa simpan nomor

  • Buka salah satu ruang obrolan grup di WhatsApp.
  • Pastikan dalam ruang obrolan grup itu, Anda merupakan seorang admin.
  • Setelah itu, bukalah profil grup WA dengan mengetuk nama grup yang berada di atas kolom obrolan.
  • Bila halaman profil grup WA telah terbuka, cari dan pilih opsi “Undang via Tautan”.
  • Kemudian, klik opsi “Bagikan Tautan” dan pilih wadah atau tempat tujuan membagikan tautan undangan untuk masuk ke grup WA.

Ilustasi cara menambahkan anggota di grup WA tanpa simpan nomor.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustasi cara menambahkan anggota di grup WA tanpa simpan nomor.

Baca juga: Cara Bikin Tulisan Berwarna di WhatsApp Android

Pengguna lain yang menerima dan mengetuk tautan tersebut bakal bisa masuk ke grup WA Anda. Dengan cara ini, Anda tak perlu repot untuk menyimpan nomor telepon pengguna lain dulu supaya bisa ditambahkan ke grup WA.

Cara di atas mungkin cukup berguna ketika Anda ingin menambahkan anggota di grup WA dalam jumlah banyak sekaligus. Sebagai informasi tambahan, cara tersebut dijajal pada iPhone dengan versi sistem operasi iOS 15.5.

Beda wadah yang digunakan, mungkin bakal beda pula tahapan dan letak opsinya. Demikianlah penjelasan seputar cara menambahkan anggota di grup WA tanpa simpan nomor, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.