Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi 12 Lite Punya Kamera 108 MP tapi Belum Bisa Rekam Video 8K

Kompas.com - 20/07/2022, 17:01 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xiaomi resmi meluncurkan model terbaru dari keluarga XIaomi 12 Series, yaitu Xiaomi 12 Lite di Indonesia pada Selasa (19/7/2022) siang. Kamera menjadi salah satu aspek yang diunggulkan pembuat ponsel asal China tersebut di Xiaomi 12 Lite.

Pasalnya, kamera utama ponsel ini memiliki resolusi 108 MP (f/1.9), lebih tinggi dari kamera utama di dua "saudaranya", yaitu Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro, yang mentok di 50 MP (f/1.9).

Meski resolusinya lebih tinggi, mode perekaman kamera utama Xiaomi 12 Lite, apabila mengacu laman spesifikasi resmi Xiaomi, tampaknya belum mendukung perekaman video hingga resolusi 8K.

Baca juga: Xiaomi 12 Lite Resmi Masuk Indonesia, Ini Harganya

Dari laman tersebut, bisa dilihat bahwa perekaman video maksimal yang didukung ponsel ini hanya sampai resolusi 4K saja dengan frame rate 30 fps atau 1080p (Full HD) untuk frame rate 60 fps.

Di sisi lain, kamera utama Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro, meski resolusinya "hanya" 50 MP, justru sudah mendukung perekaman video hingga resolusi 8K dengan frame rate 24 fps atau 4K dengan frame rate 60 fps.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Xiaomi 12 Lite di Indonesia

Xiaomi tak menjelaskan mengapa kamera Xiaomi 12 Lite tak bisa mendukung mode perekaman 8K. Namun yang jelas, video 8K sejatinya akan lebih mumpuni dibanding video 4K, baik dari segi kualitas hingga detail video. 

Selain tak memiliki dukungan perekaman video 8K, kamera utama Xiaomi 12 Lite juga tak dibekali dengan penstabil gambar fisik alias "Optical Image Stabilization" (OIS) seperti Xiaomi 12 atau Xiaomi 12 Pro.

Baca juga: Unboxing dan Hands-on Xiaomi 12: Kesan Pertama Menggenggam Flagship Rp 9 Jutaan

Alih-alih OIS, ponsel tersebut mengandalkan penstabil gambar software alias "Electronic Image Stabilization" (EIS) untuk meredam berbagai guncangan ketika ponsel sedang dipakai untuk merekam video.

Fitur kamera Xiaomi 12 Lite

Fitur kamera Xiaomi 12 Lite.Xiaomi Fitur kamera Xiaomi 12 Lite.

Kendati ada beberapa fitur kamera Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro yang absen di Xiaomi 12 Lite, ponsel terbaru Xiaomi di Indonesia ini masih memiliki sejumlah fitur kamera yang dimiliki oleh kedua saudaranya.

Salah satunya adalah "Motion Capture", yang bakal berfungsi untuk memotret obyek yang aktif atau bergerak terus-menerus, seperti orang berlari, mobil yang sedang berjalan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Xiaomi 12 Ultra Kapan Dirilis, Lei Jun Beri Jawaban yang Mengejutkan

Ada pula fitur "Eye Tracking Focus" yang bakal berguna untuk mengunci fokus dan mengabadikan ekspresi wajah atau emosi pengguna melalui gerakan mata.

Di atas kertas, Xiaomi 12 Lite dibekali dengan tiga kamera belakang yang masing-masing beresolusi 108 MP (f/1.9), 8 MP (f/2.2, ultrawide), dan 2 MP (f/2.4, makro). Pada bagian depannya, terdapat kamera selfie beresolusi 32 MP (f/2.45).

Fitur pendukung kamera lainnya di ponsel ini mencakup AI Beautify untuk mempecantik foto wajah, mode AI Portrait yang kini mendukung fitur HDR, hingga Night Mode untuk meningkatkan kualitas foto malam.

Baca juga: Membandingkan Duo Flagship Ringkas, Xiaomi 12 vs Samsung Galaxy S22

Kemudian ada fitur-fitur kamera depan yang mencakup Selfie Zoom, Selfie Camera Autofocus, hingga Xiaomi Selfie Glow untuk membantu pengguna berswafoto di malam hari menggunakan dua lampu LED flash di bagian depan.

Di Tanah Air, Xiaomi 12 Lite hadir dalam varian warna Black, Lite Green, dan Lite Pink.

Ponsel ini bisa didapatkan secara online mulai 20 Juli 2022 hari ini tepat pukul 12.00 WIB di sejumlah e-commerce rekanan Xiaomi di Indonesia dengan harga Rp 5,8 juta (8 GB/256 GB).

Pada Kamis (21/7/2022) besok, ponsel tersebut lantas bisa didapatkan di toko fisik Xiaomi dan gerai Erafone di seluruh Indonesia.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Xiaomi 12 di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com