Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat dan Upload Twibbon di Twibbonize lewat HP

Kompas.com - Diperbarui 17/08/2022, 08:19 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Sebagaimana umum diketahui, Twibbon merupakan bingkai foto digital yang berisi pesan atau kampanye untuk memperingati peristiwa tertentu. Umumnya, Twibbon dipakai sebagai foto profil di media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan sebagainya.

Foto tersebut bisa digunakan untuk memperingati peristiwa seperti hari raya dan hari ulang tahun. Atau, bisa juga untuk merayakan beberapa acara seperti konser musik, penerimaan mahasiswa baru, dan lainnya.

Baca juga: Apa Itu Akun dengan Profile Picture Hitam yang Sedang Ramai di TikTok?

Twibbon yang berisi suatu kampanye itu biasanya dapat diperoleh dengan mudah lewat situs web Twibbonize. Di situs web tersebut, terdapat beberapa Twibbon yang telah dibuat oleh pengguna dan bisa dipakai secara gratis.

Namun, koleksi Twibbon di Twibbonize mungkin saja tidak sesuai dengan kebutuhan yang dicari. Bila Anda tidak bisa menemukan Twibbon yang sesuai dengan kebutuhan di Twibbonize, cobalah untuk membuat sendiri.

Lantas, bagaimana cara membuat Twibbon sendiri? Membuat Twibbon bisa dilakukan dengan mudah di HP (handphone) dengan memanfaatkan beberapa aplikasi. Adapun salah satu aplikasi untuk membuat Twibbon adalah Canva.

Sebagian dari Anda mungkin tak asing lagi dengan aplikasi edit foto tersebut. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara membuat Twibbon sendiri di HP.

Cara membuat Twibbon sendiri di HP via Canva

  • Anda bisa mengunduh Canva lewat toko aplikasi Google Play Store (Android) atau App Store (iOS). Setelah terinstal di HP, silakan buka dan login akun pada aplikasi Canva. Login bisa menggunakan akun Google.
  • Pada halaman awal aplikasi, klik ikon tambah dan pilih opsi “Konten Instagram” untuk mulai membuat Twibbon dengan aspek rasio 1:1. Lalu, Anda akan dialihkan ke halaman pembuatan desain Twibbon.
  • Pada halaman itu, bakal muncul persegi warna putih sebagai bidang dasar Twibbon. Anda bisa mengubah warnanya untuk jadi background dengan klik opsi “Warna”.
  • Kemudian, dalam bidang tersebut, tambahkan beberapa elemen sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk menambahkan elemen, caranya klik ikon tambah dan pilih opsi “Elemen”.
    Ilustrasi cara membuat Twibbon sendiri di CanvaKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara membuat Twibbon sendiri di Canva
  • Ada beragam elemen yang bisa dipilih, seperti bentuk bintang, bulan, coretan cat, abstrak, dan sebagainya.
  • Bila backgroundtelah selesai dibuat dengan menambahkan beberapa elemen, silakan tambahkan bidang bingkai foto. Caranya, klik ikon tambah dan pilih opsi “Elemen”, lalu cari dan pilih bidang bingkai sesuai kebutuhan.
    Ilustrasi cara membuat Twibbon sendiri di CanvaKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara membuat Twibbon sendiri di Canva
  • Anda bisa menambahkan teks ke desain Twibbon yang dibuat dengan cara klik ikon tambah dan pilih opsi “Teks”. Setelah ditambahkan, opsi pengaturan jenis font, besar font, atau efek teks bisa ditemukan pada bilah menu di bagian bawah layar aplikasi.
  • Bila telah selesai membuat Twibbon di Canva, silakan klik opsi Unduh.

Ilustrasi cara membuat Twibbon sendiri di CanvaKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara membuat Twibbon sendiri di Canva

Gambar Twibbon yang telah diunduh bakal langsung tersimpan di galeri HP. Sebelum memulai mengunggah atau upload Twibbon di Twibbonize, Anda perlu untuk membuat agar bagian background-nya jadi transparan sehingga bisa diganti dengan foto.

Di Canva, sebenarnya terdapat fitur untuk membuat background transparan, tapi hanya bisa diakses oleh akun yang berlangganan. Untuk membuat Twibbon transparan, caranya bisa menggunakan aplikasi Background Eraser.

Baca juga: Ramai Scan E-KTP di Instagram Bisa Timbul Hologram, Begini Cara Membuatnya

Cara membuat Twibbon transparan via Background Eraser

  • Unduh aplikasi Background Eraser di Google Play Store (Android) atau App Store (iOS). Setelah terinstal di HP, bukalah aplikasi Background Eraser dan pilih opsi “Load a Photo”.
  • Izinkan aplikasi mengakses galeri HP dan pilih gambar Twibbon yang sebelumnya telah tersimpan di sana.
  • Selanjutnya, klik opsi “Auto” dan pilih bagian bingkai Twibbon yang ingin dibuat jadi transparan.
  • Bila telah selesai, klik opsi “Done” dan Twibbon transparan bakal tersimpan di galeri HP.

Ilustrasi cara membuat Twibbon transparan via Background Eraser.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara membuat Twibbon transparan via Background Eraser.

Cara ini penting untuk dilakukan karena Twibbonize hanya menerima Twibbon dengan terdapat bagian background yang transparan. Setelah memiliki Twibbon transparan, silakan mulai upload Twibbon di Twibbonize, dengan cara sebagai berikut.

Cara upload Twibbon di Twibbonize

  • Kunjungi dan login akun ke situs web ini https://www.twibbonize.com/ lewat browser di HP.
  • Login bisa dilakukan menggunakan akun Google.
  • Setelah berhasil login, klik menu “Buat Kampanye”.
  • Tambahkan judul, deskripsi, tagar, dan nama linkkampanye yang hendak Anda buat lewat Twibbon.
    Ilustrasi cara upload Twibbon di Twibbonize.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara upload Twibbon di Twibbonize.
  • Selesai membuat kampanye, silakan klik opsi “Tambah Modul”.
  • Pilih modul kampanye berupa “Bingkai”.
  • Selanjutnya, unggah Twibbon yang tadi telah dibuat.
  • Setelah berhasil terunggah, Anda bisa membagikan Twibbon dengan menyalin tautannya.

Ilustrasi cara upload Twibbon di Twibbonize.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara upload Twibbon di Twibbonize.

Baca juga: Cara Bikin Spotify Bercahaya yang Tengah Ramai di Twitter

Perlu diketahui, cara di atas dijajal pada iPhone dengan versi sistem operasi iOS 15.5. Beda model ponsel dan versi sistem operasi yang digunakan, mungkin bakal beda pula langkah dan letak opsinya.

Itulah penjelasan seputar cara membuat Twibbon dan mengunggahnya di Twibbonize dengan mudah hanya lewat HP, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com